Burung Kecil Ini Miliki Gigitan Lebih Kuat Daripada T Rex


Kamis, 10 Januari 2019
Label:
Advertisement
[Sains Box] Burung Kecil Ini Memiliki Gigitan Lebih Kuat Daripada T Rex

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menggunakan superkomputer untuk menghitung kekuatan gigitan 434 burung, reptil dan mamalia yang berbeda, baik yang hidup maupun yang mati, dalam upaya untuk menentukan mana yang paling kuat.

Hebatnya, pemenangnya ternyata adalah spesies burung finch asli yang sederhana di Kepulauan Galapagos, meski berbobot hanya 33g, namun dapat menghasilkan kekuatan 70 newton yang mengesankan. Dan ia memiliki gigitan 320 kali lebih kuat dari Tyrannosaurus rex.

Di alam liar, burung ini menggunakan gigitannya yang sangat kuat untuk memecahkan kacang yang terbuka dan menghancurkan biji.

Baca Juga:

Burung Kecil Ini Memiliki Gigitan Lebih Kuat Daripada T Rex

"Citra T. rex dengan rahangnya yang tajam telah membantunya menjadi dinosaurus yang paling ikonik, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa gigitannya relatif tidak biasa," kata pemimpin studi Dr Manabu Sakamoto.

"Kekuatan gigitan bukanlah yang memberikan T. rex keunggulan evolusioner, seperti yang diduga sebelumnya."

"Predator besar seperti T. rex dapat menghasilkan kekuatan gigitan yang cukup untuk membunuh mangsanya dan menghancurkan tulang hanya dengan menjadi besar, bukan karena mereka memiliki gigitan yang sangat kuat."

Burung Kecil Ini Memiliki Gigitan Lebih Kuat Daripada T Rex

"Ini melawan gagasan bahwa kebutuhan yang sangat kuat untuk gigitan yang kuat mendorong binatang buas kuno ini mengembangkan kekuatan gigitan yang menghancurkan tulang."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 komentar:

  1. Woouw .. ternyata burung sekecil itu gigitannya luar biasa.
    Ngga bisa bayangin gimana sakitnya kalau kena gigitannya.

    Kecil-kecil cabe rawit nih namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigitannya tajem mas, saya pernah digigit sama burung yg mungkin sejenis ya dgn burung finch ini, soalnya paruhnya jg mirip. itu tuh, burung peking yg seringkali dijual bebas ama org2 tuh... betul gak sih namanya burung peking? :) itu kan lumayan tajam gigitannya, tajam dan kuat

      Hapus
  2. Kelihatannya memang kecil. Tapi kalau rasio nya disamakan kecil-kecil begitu cabe rawit, hebat!

    Saya baru tahu nih. Terimakasih atas tulisannya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi yg dilihat bkn ukuran badannya, tapi ukuran kekuatan gigitannya mbak...

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.