Lubang Hitam Supermasif Aneh Ini Bingungkan Ilmuwan


Jumat, 08 Desember 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Lubang Hitam Supermasif Ini Bingungkan Ilmuwan

Sebuah lubang hitam supermasif yang baru saja ditemukan oleh para ilmuwan ini menantang apa yang ilmuwan ketahui tentang alam semesta awal. Raksasa kosmis, yang diperkirakan muncul hanya 690 juta tahun setelah peristiwa yang dikenal dengan nama ‘Big Bang’ ini, memiliki massa sekitar 800 juta kali massa Matahari kita, ini berarti jauh lebih besar daripada seharusnya untuk usianya yang relatif muda. Hal inilah yang telah membuat bingung para ilmuwan, bagaimana lubang hitam ini bisa membentuk seperti itu.

"Inilah satu-satunya objek yang kita amati dari era ini," kata Prof Robert Simcoe dari MIT. "Massanya sangat tinggi, namun alam semesta sangat muda, sehingga lubang hitam ini seharusnya tidak ada."

Baca Juga:

Lubang Hitam Supermasif Ini Bingungkan Ilmuwan

"Alam semesta ini tidak cukup tua untuk dapat membentuk lubang hitam yang besar seperti itu. Ini sangat membingungkan." sambungnya.

Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa proses lain yang sama sekali tidak diketahui pastinya telah berjalan. Dan ini menjadi salah satu misteri alam semesta lainnya.

"Jika Anda memulai dengan benih seperti bintang besar, dan membiarkannya tumbuh sebesar mungkin, kemudian mulailah pada saat Big Bang, Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan sesuatu dengan 800 juta massa matahari - ini sangat tidak realistis," kata Profesor Simcoe.

"Jadi pasti ada cara lain yang terbentuk. Dan bagaimana tepatnya yang terjadi, tidak ada yang tahu."

Penemuan lubang hitam ini, menantang pemahaman para ilmuwan tentang bagaimana lubang hitam tersebut dapat terbentuk, dan jika memang ada cara lainnya, maka berarti sejarah alam semesta harus ditulis ulang.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar