Ilmuwan Temukan Fenomena Sepasang Pusaran Air


Jumat, 29 Desember 2017
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Temukan Fenomena Sepasang Pusaran Air

Para ilmuwan telah menemukan fenomena yang sama sekali baru dalam dinamika fluida, yaitu sepasang pusaran air yang saling terhubung.

Pusaran air yang besar yang dikenal dengan nama ‘Eddy’, dapat membentang hingga jarak ratusan kilometer, ini relatif umum, namun ternyata, dalam kondisi tertentu, sepasang pusaran yang berputar ini benar-benar dapat saling bergabung bersama untuk membentuk pusaran ganda yang mampu melakukan perjalanan jarak jauh melintasi laut.

Baca Juga:

Ilmuwan Temukan Fenomena Sepasang Pusaran Air

"Eddy laut hampir selalu menuju ke arah barat, tapi dengan berpasangan mereka bisa saja bergerak ke arah timur dan melakukan perjalanan sepuluh kali lebih cepat dari pada eddy normal, jadi mereka membawa air ke arah yang tidak biasa ke seberang lautan," kata ahli kelautan Chris Hughes dari Universitas di Liverpool.

"Apa yang kami temukan adalah sepasang pusaran berputar ke arah yang berlawanan dan saling terkait sehingga mereka melakukan perjalanan bersama sepanjang Laut Tasman, dan membutuhkan waktu enam bulan untuk melakukannya."

Ilmuwan Temukan Fenomena Sepasang Pusaran Air

Ternyata pusaran ganda ini, yang telah dijuluki sebagai 'modons', telah muncul di citra satelit selama beberapa dekade, namun sampai sekarang tidak ada yang tahu apakah itu benar-benar foto mereka atau bukan.

"Pemikiran saya adalah bahwa keterhubungan Eddy ini dan geraknya yang cepat bisa 'menyedot' makhluk laut kecil dan membawanya dengan kecepatan tinggi untuk jarak yang jauh melintasi samudera," kata Hughes.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.