Ilmuwan Berhasil Memecahkan Misteri Evolusi Hewan


Jumat, 18 Agustus 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Berhasil Memecahkan Misteri Evolusi Hewan

Ledakan ganggang laut telah dikreditkan dengan munculnya bentuk kehidupan kompleks pertama di masa lalu yang jauh di Bumi ini. Sementara kehidupan diketahui telah ada di planet kita selama beberapa miliar tahun yang lalu, sampai sekitar 650 juta tahun yang lalu, sebagian besar terdiri dari bentuk kehidupan sederhana seperti bakteri, virus dan jeli primitif.

Bagaimana persisnya hal-hal dari evolusi hewan besar dalam ruang waktu yang relatif singkat telah lama menjadi misteri, tapi sekarang para ilmuwan di Universitas Nasional Australia percaya bahwa mereka mungkin akhirnya menemukan jawabannya.

Baca Juga:

Kuncinya terletak pada periode sejarah Bumi dimana sebagian besar planet ini tertutup es dan salju.

Ilmuwan Berhasil Memecahkan Misteri Evolusi Hewan

Selama sekitar 50 juta tahun, gletser besar menghantam pegunungan di seluruh dunia dan ketika es akhirnya meleleh, 'debu' gunung yang kaya ini tersapu kembali ke lautan dalam jumlah banyak dimana dengan cepat menghasilkan ledakan alga laut dan memulai evolusi organisme yang lebih besar.

"Sebelum semua ini terjadi, ada peristiwa dramatis yang terjadi 50 juta tahun yang lalu yang disebut sebagai 'Snowball Earth'," kata pemimpin peneliti Associate, Professor Jochen Brock.

“Bangkitnya hewan 650 juta tahun yang lalu, dipicu oleh ledakan ganggang laut setelah bola salju meleleh.”

"Bumi membeku selama 50 juta tahun. Gletser besar menghuni seluruh permukaan pegunungan hingga bubuk yang melepaskan nutrisi, dan saat salju meleleh ketika pemanasan global terjadi, sungai-sungai membasahi nutrisi dari laut ke lautan."

"Nutrisi yang besar ini menjadi dasar bagi jaring makanan, menyediakan semburan energi yang dibutuhkan untuk evolusi ekosistem yang kompleks, di mana hewan-hewan semakin besar dan kompleks, termasuk manusia, dapat berkembang di Bumi."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar