ELT, Teleskop Terbesar di Dunia yang Sedang Dibuat


Minggu, 28 Mei 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ketika selesai, Extremely Large Telescope (ELT) akan menawarkan pandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang kosmos. Saat ini ELT tersebut sedang dibangun di Gurun Atacama Chili di atas Cerro Armazones, yaitu puncak gunung yang berada di ketinggian 3046 meter. Teleskop besar, yang memiliki cermin utama berdiameter 39 meter ini akan menjadi teleskop optik dan inframerah terbesar yang pernah dibangun.

Baca Juga:

Selain memberikan gambaran yang jelas tentang bintang dan planet, ELT akan dapat mengumpulkan data tentang peristiwa selestial di bagian terjauh alam semesta sambil juga menawarkan kesempatan baru untuk mempelajari pembentukan dan evolusi galaksi.

ELT, Teleskop Terbesar di Dunia yang Sedang Dibuat

Salah satu instrumen utamanya adalah 'HARMONI', akan mampu menangkap 4.000 foto secara bersamaan, masing-masing memiliki warna yang sedikit berbeda, menghasilkan gambar yang sangat tajam dan detil.

"ELT akan menghasilkan penemuan yang tidak bisa kita bayangkan hari ini, dan pasti akan mengilhami banyak orang di seluruh dunia untuk memikirkan sains, teknologi dan tempat kita di alam semesta," kata Tim DE Zeeuw, Direktur Jenderal Observatorium Eropa Selatan (ESO / European Southern Observatory).

"Ini akan membawa manfaat besar bagi negara anggota ESO, ke Cile, dan ke seluruh dunia."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar