Apakah Proxima Centauri adalah Rumah Bagi Bumi Kedua?


Rabu, 17 Agustus 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah mengungkap menemukan sebuah planet yang berpotensi dihuni dalam sistem bintang tetangga. Para astronom memang telah berhasil mendeteksi ribuan planet baru selama beberapa tahun terakhir ini, dan dari sekian banyak yang mereka temukan, banyak pula dari beberapa planet memiliki potensi untuk menjadi layak huni atau sebagai Bumi Kedua, sayangnya kebanyakan terlalu jauh jaraknya bagi kita untuk benar-benar bisa mengunjungi ke lokasi planet tersebut.

Namun, kesempatan untuk menemukannya semakin dekat, berkat penemuan jelas dari dunia yang mirip Bumi berada di orbit sekitar Proxima Centauri, yaitu bintang katai merah yang terletak hanya 4.25 tahun cahaya.

Apakah Proxima Centauri adalah Rumah Bagi Bumi Kedua?
Bintang katai Proxima Centauri

Baca Juga:

Temuan ini memang belum secara resmi dikukuhkan. Dan lmuwan masih menyelidiki hal itu, namun ada rumor bahwa sesuatu yang resmi akan diumumkan sebelum akhir bulan ini.

Menurut Der Spiegel mingguan Jerman, planet ini, yang ada di zona layak huni bintangnya ini, diidentifikasi menggunakan teleskop di European Southern Observatory (ESO).

"Penemuan sebuah planet yang mungkin berada di sekitar Proxima Centauri adalah sangat menarik," ungkap Profesor Phillip Lubin di University of California yang mengatakan pada Universe Today dalam sebuah email.

Apakah Proxima Centauri adalah Rumah Bagi Bumi Kedua?

"Hal itu akan membuat kasus mengunjungi sistem dekatnya bintang bahkan menjadi jauh lebih menarik, meskipun kita tahu ada banyak exoplanets di sekitar bintang-bintang lain di dekatnya dan itu sangat mungkin bahwa sistem Alpha Centauri juga akan memiliki planet."

Sekarang semua bisa kita lakukan adalah menunggu dan melihat apakah sesuatu tentang penemuan ini benar-benar diumumkan, tetapi jika dunia mirip Bumi benar-benar telah ditemukan begitu dekat, maka itu pasti akan menjadi salah satu penemuan astronomi yang paling penting akhir-akhir ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar