Milenium Bug, menyerang komputer tahun 2038


Selasa, 23 Desember 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Pada hari Selasa, 19 Januari 2038 diprediksikan bahwa sistem komputer 32-bit akan mengalami masalah yang dapat mengakibatkan dampak masalah yang lebih luas.

Seperti yang pernah terjadi sebelumnya, pada akhir abad ke-20, kepanikan tentang adanya bug yang dapat menimbulkan masalah terjadi pada tahun 2000 dimana ribuan bisnis berebut untuk meng-upgrade komputer mereka karena ketakutan mengenai timbulnya cacat yang dapat melumpuhkan komputer mereka. Hal ini pun menyebabkan masalah meluas pada awal milenium baru tersebut.

Milenium Bug Menyerang Komputer Tahun 2038

Ternyata bug yang telah diperbaiki oleh kebanyakan bisnis sebelum pergantian kalender, akhirnya memiliki dampak yang sangat sedikit sekali dan prediksi kiamat sebelumnya dari keruntuhan ekonomi global tidak pernah terjadi.

Melihat yang terjadi sebelumnya, saat ini mulai beredar adanya versi baru dari bug yang akan melumpuhkan komputer di tahun 2038 nanti. Di tahun tersebut, bug akan mencegah sistem komputer 32-bit untuk dapat memberitahu tanggal dan waktu secara benar setelah 19 Januari 2038.

Baru-baru ini, masalah yang dihadapi oleh YouTube juga hampir sama yaitu terjadi ketika hit counter untuk video Psy "Gangnam Style", yang menggunakan sistem 32-bit, mencapai batas di atas 2147483647 tampilan.

Milenium Bug Menyerang Komputer Tahun 2038

Apakah bug ini benar-benar akan menjadi masalah ketika tiba waktunya di tahun 2038 nanti? Namun masih harus dilihat lebih lanjut, bahkan hari ini komputer 32-bit mulai cepat tergantikan oleh rekan-rekannya 64-bit yang lebih baru.

Dalam semua kemungkinan akan datangnya bug ini, memiliki lebih sedikit dampak daripada yang dilakukan oleh bug Millennium asli.

Semoga saja tidak menjadi masalah yang rumit.





sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. owh, hanya kemungkinan kan itu

    BalasHapus
  2. @JIM: tapi tetap sob, kemungkinan menjadi nyata itu bisa saja terjadi.

    BalasHapus