Pria Ini Menjadi Orang Kedua Yang Berhasil Sembuh Dari HIV


Monday, March 16, 2020
Labels:
Advertisement
[Sains Box] Pria Ini Menjadi Orang Kedua Yang Berhasil Sembuh Dari HIV

Seorang pria yang mengidap HIV telah dilaporkan sembuh total setelah tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi selama 3 tahun.

Dalam berita medis positif yang mengejutkan sehubungan dengan pandemi coronavirus saat ini, dokter telah mengungkapkan bahwa seorang pria berusia 40 tahun di London telah menjadi orang kedua yang disembuhkan dari HIV (atau human immunodeficiency virus) setelah didiagnosis dengan pandemi ini pada tahun 2003.

Baca Juga:

Pria Ini Menjadi Orang Kedua Yang Berhasil Sembuh Dari HIV
Adam Castillejo dari Venezuela
---------

Pria itu - yang sekarang diidentifikasi sebagai Adam Castillejo dari Venezuela - telah dikenal sebagai 'pasien London' ketika sebelumnya dilaporkan bahwa ia tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit selama 18 bulan.

Kini akhirnya telah dikonfirmasi bahwa dia benar-benar telah sembuh.

Kunci kesembuhannya terletak pada transplantasi sumsum tulang yang telah ia alami pada tahun 2016 untuk mengobati kanker darah. Sel-sel induk yang ia terima berasal dari donor dengan mutasi genetik yang sangat langka yang mencegah penularan HIV.



Hebatnya, prosedur yang telah digambarkan sebagai 'jalan terakhir' ini benar-benar berhasil.

Para ilmuwan sekarang mempertimbangkan kemungkinan menawarkan perawatan stem sel (sel induk) kepada penderita HIV lainnya, namun ada risiko dan tidak semua orang yang menerima stem sel akan tersembuhkan.

Pria Ini Menjadi Orang Kedua Yang Berhasil Sembuh Dari HIV
Sel manusia terinfeksi SIVsm - sepupu HIV - di bawah SEM
---------

"Anda harus mempertimbangkan fakta bahwa ada tingkat kematian 10% dari melakukan transplantasi sel induk terhadap risiko kematian jika kita tidak melakukan apa-apa," kata pemimpin studi Ravindra Gupta.

Paling tidak, berita tersebut menawarkan secercah harapan bagi mereka yang hidup dengan kondisi tersebut.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 comments:

  1. wah kalau iya, bagus banget. tapi ya ada dampak 10% kematian jga sih dri proses penyembuhan nya

    ReplyDelete
  2. Semoga ditemukan obat yang benar2 manjur yah. Dunia tergoncang dengan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho Bang, yg skrg sedang mengguncang dunia kan bkn HIV, tp Corona... sama2 virus mematikan sih... tp Corona sebenarnya levelnya lbh rendah.. dan katanya vaksinnya udh ketemu kok, nunggu hasil uji klinisnya aja

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.