Jalur ‘Jalan Raya’ Hiu Dan Ikan Lainnya Ditemukan Di Pasifik


Jumat, 01 Juni 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Jalur ‘Jalan Raya’ Hiu Dan Ikan Lainnya Ditemukan Di Pasifik

Para ilmuwan telah mengidentifikasi keberadaan koridor laut sepanjang 500 mil yang digunakan oleh sejumlah besar hiu dan hewan air lainnya. Para peneliti memang telah lama menduga bahwa hiu kadang-kadang melakukan perjalanan ke selatan dari Kosta Rika ke Kepulauan Galapagos, namun memperoleh bukti konklusif untk hal ini, sangatlah sulit.

Tidak sampai para ahli biologi menghabiskan waktu dua minggu untuk menyeret BRUV (sistem video bawah air) di belakang kapal mereka, dan pada akhirnya menemukan apa yang mereka cari.

Baca Juga:

Jalur Jalan Raya Hiu Dan Ikan Lainnya Ditemukan Di Pasifik

Lebih dari selusin spesies hiu, serta banyak lumba-lumba, kura-kura dan spesies lainnya, berhasil difilmkan berenang di sepanjang bentangan khusus lautan yang meliputi ratusan mil.

"Itu luar biasa," kata ahli biologi, Mario Espinoza. "Kami sebenarnya mendokumentasikan lebih dari 16 spesies hiu dan ikan, juga penyu dan lumba-lumba ... Benar-benar mengejutkan melihat banyak hewan."

Rute tersebut tampaknya mengikuti serangkaian pegunungan bawah laut yang dikenal sebagai gunung bawah laut.

Jalur Jalan Raya Hiu Dan Ikan Lainnya Ditemukan Di Pasifik

Jalur Jalan Raya Hiu Dan Ikan Lainnya Ditemukan Di Pasifik

"Jadi ini adalah pertama kalinya kami benar-benar mendokumentasikan hewan yang menggunakan jalur gunung laut ini," kata Espinoza. "Kami tidak tahu persis apakah mereka mencari makan atau mereka sekedar mampir, atau bahkan hanya menggunakan gunung laut ini sebagai rute navigasi saja."

Para peneliti sekarang berharap untuk dapat membentuk kawasan perlindungan laut baru di wilayah tersebut.

"Akhirnya kami memiliki bukti visual bahwa ada kelimpahan besar spesies di daerah ini yang perlu dilindungi, dan bahwa memang ada jalan raya," kata presiden Pacifico Foundation, Zdenka Piskulich.

Ternyata, bukan manusia saja yang membangun jalan raya untuk perjalanan mereka, namun ikan-ikan pun juga demikian.

VIDEO JALAN RAYA IKAN

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(npr)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar