Salah Satu Planet Trappist-1 Cenderung Layak Huni


Rabu, 07 Februari 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Salah Satu Planet Trappist-1 Cenderung Layak Huni

Hal ini terlihat semakin mungkin bahwa tujuh system dunia Trappist-1 bisa menjadi rumah bagi kehidupan asing (alien) yang saat ini benar-benar gencar sedang dicari oleh para ilmuwan. Kembali pada bulan Februari 2017 yang lalu, ilmuwan NASA sempat mengumumkan tentang adanya sebuah penemuan 7 planet ekstrasurya yang mengorbit sebuah bintang bernama Trappist-1, yaitu bintang yang terletak kurang lebih 40 tahun cahaya dari Bumi.

Penemuan ini merupakan penemuan yang pertama kalinya, dimana ada sejumlah besar planet yang memiliki ukuran seperti Bumi berada dalam satu sistem tata surya dan tampaknya ada kemungkinan bahwa setidaknya satu dari mereka dapat dihuni. Benarkah demikian?

Baca Juga:

Salah Satu Planet Trappist-1 Cenderung Layak Huni

Tidak mengherankan, jika para ilmuwan pun telah mencoba untuk mempelajari lebih banyak tentang sistem Trappist-1 ini sejak saat itu hingga sekarang empat penelitian baru telah dipublikasikan yang mengungkapkan tentang apa yang telah mereka temukan di dunia jauh tersebut.

Bekerja sama dengan astronom Universitas Birmingham bernama Dr Amaury Triaud, penelitian ini berusaha untuk memperbaiki apa yang kita ketahui tentang bintang itu sendiri dan juga massa serta radius planet-planetnya.

Para peneliti menemukan bahwa ketujuh dunia ekstrasurya ini terbuat dari batu dengan massa air hingga 5 persen, yang berarti bahwa jumlah ini cukup besar dibandingkan dengan Bumi sendiri yaitu 0,02 persen.

Ketujuh dari planet tersebut juga dianggap beriklim sedang, yang berarti air cair bisa ada di permukaannya.

Kini, seolah-olah para ilmuwan berlomba-lomba untuk menentukan planet mana yang paling mungkin dapat mendukung kehidupan.

"Setelah menemukan sistem planet yang luar biasa ini, tim kami sangat ingin tahu lebih banyak tentang Trappist-1," kata Dr Triaud. "Setahun, kami melaporkan hasil kami, berkat usaha kami, planet Trappist-1 menjadi dunia yang paling banyak dipelajari di luar tata surya."

Pada intinya, ilmuwan semakin yakin, bahwa salah satu dari planet-planet yang mengorbit Trappist-1 bisa mendukung kehidupan asing. Kita tunggu saja kabar berikutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar