Bakteri Laut Ini Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon


Senin, 26 Februari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Bakteri Laut Ini Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon

Sebuah penelitian baru telah mengungkapkan keberadaan bakteri laut yang mendorong mesin samudera serta mempertahankan kehidupan laut. Uniknya bakteri tersebut dapat berubah warna layaknya bunglon. Ia menyesuaikan diri dengan memancarkan cahaya berwarna yang berbeda diseluruh dunia. Bakteri tersebut bernama ‘Synechococcus cyanobacteria’.

"Cahaya biru paling lazim di samudera terbuka, karena menembus ke perairan dalam, sedangkan di perairan khatulistiwa dan perairan hangat ada lebih banyak cahaya hijau, dan di muara sungai terang seringnya berwarna merah," jelas David Scanlan, seorang Profesor di Mikrobiologi Laut di University of Warwick's School of Life Sciences.

Baca Juga:

Bakteri Laut Ini Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon

Menurut para peneliti, Synechococcus cyanobacteria menggunakan cahaya untuk menangkap karbon dioksida dari udara dan menghasilkan energi untuk rantai makanan laut. Bakteri jenis ini mengandung gen spesifik yang bisa mengubah pigmentasi mereka tergantung pada jenis cahaya di mana mereka mengapung, sehingga memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkembang di bagian lautan dunia manapun, kandungan pigmen mereka juga memungkinkan agar dapat bertahan dan berfotosintesis di perairan laut.

"Ini akan membantu memperbaiki bagaimana kita menjaga perairan kita - dan akan memungkinkan kita untuk memprediksi dengan lebih baik bagaimana lautan akan bereaksi di masa depan terhadap perubahan iklim dengan meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer." kata Profesor Scanlan.

Penemuan ini merupakan terobosan besar dalam pemahaman kita tentang organisme ini, yang merupakan produsen utama serta bio-indikator perubahan iklim yang sangat baik.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar