Kehidupan di Gurun Atacama Membuka Harapan Bagi Mars


Rabu, 28 Februari 2018
Label: , , ,
Advertisement
[Sains Box] Kehidupan di Gurun Atacama Membuka Harapan Bagi Mars

Para ilmuwan telah menemukan kehidupan mikroba yang sedang pulih di salah satu tempat paling kering dan paling tidak ramah di Bumi.

Terletak di sepanjang pantai barat Amerika Selatan, Gurun Atacama Chile sangat kering sehingga hujan tidak akan turun sama sekali selama bertahun-tahun, bahkan kadang sampai puluhan tahun. Kondisi tidak ramah ini, ditambah dengan pemandangannya yang merah dan gersang, menjadikan gurun Atacama adalah sebuah tempat di Bumi yang mirip dengan kondisi permukaan Mars.

Baca Juga:

Kehidupan di Gurun Atacama Membuka Harapan Bagi Mars

Kini ilmuwan yang mempelajari keberadaan kehidupan di lingkungan neraka ini telah membuat penemuan luar biasa dalam bentuk mikroorganisme yang aktif secara metabolisme yang tumbuh subur di tanah gersang.

Sementara mikroba yang telah ditemukan sebelumnya di Atacama, sampai sekarang mereka dianggap sebagai "sisa-sisa sel mati atau sekarat yang diakumulasikan secara kebetulan oleh proses atmosfir."

Organisme yang baru ditemukan ini bagaimanapun tampak berkembang, meski dalam kondisi ekstrim.

Kehidupan di Gurun Atacama Membuka Harapan Bagi Mars

"Ini selalu membuat saya terpesona untuk pergi ke tempat di mana orang tidak berpikir bahwa ada sesuatu yang bisa bertahan dan menemukan bahwa hidup telah menemukan cara untuk membuatnya berhasil," kata ilmuwan planet, Dirk Schulze-Makuch dari Washington State University.

"Jika kehidupan bisa bertahan di lingkungan terkering di Bumi, ada kemungkinan besar bisa bertahan di Mars dengan cara yang sama."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar