Tarian Pelangi Pemikat Laba-laba Merak Kecil


Jumat, 05 Januari 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Tarian Pelangi Pemikat Laba-laba Merak Kecil

Laba-laba merak yang sangat kecil memiliki cara yang agak berwarna untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Laba-laba kecil ini berasal dari Australia dan berukuran panjang 0,2 inci saja, arakhnida yang tidak biasa ini memang unik, karena merupakan satu-satunya makhluk di Bumi yang menggunakan semua warna pelangi untuk menarik perhatian pasangan mereka selama masa perkawinan.

Bagian posteriornya akan terlihat gemetar sehingga memancarkan warna yang berkilauan dan berwarna-warni ke arah laba-laba betina mana pun yang kebetulan menontonnya. Tontonan sebuah tarian pemikat yang kemudian dikenal sebagai "pelangi terkecil di alam semesta."

Baca Juga:

Tarian Pelangi Pemikat Laba-laba Merak Kecil

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para periset dari Amerika Serikat, Belgia, Belanda dan Australia berusaha untuk menentukan dengan tepat bagaimana laba-laba ini berhasil melakukan tampilan yang begitu penuh warna.

Jawabannya, ternyata, terletak pada sisik unik laba-laba merak tersebut.

Tarian Pelangi Pemikat Laba-laba Merak Kecil

"Maratus robinsoni dan Maratus chrysomelas (dua spesies laba-laba merak) yang memiliki dua jenis skala perut berbeda secara visual: sisik warna-warni pelangi dan sisik beludru hitam," tulis para peneliti.

"Skala ini menunjukkan morfologi yang sangat berbeda: Skala hitamnya seperti sikat dan berorientasi acak, sementara sisik warna-warni pelangi lebih tertata rapi, menempel pada permukaan kutikula dan memiliki bentuk 3D yang besar."

Tarian Pelangi Pemikat Laba-laba Merak Kecil
Gambar bulu pelangi M. robinsoni diperbesar

"Konfigurasi kisi unik dari setiap skala Maratus robinsoni membubarkan spektrum yang terlihat di atas sudut kecil, sehingga pada jarak pendek, seluruh spektrum yang terlihat teratasi, dan bahwa pola pelangi mikroskopis statis muncul dengan sangat jelas."

Sungguh cantik dan unik.

Ingin lihat tariannya? Yuk intip di video bawah, Anda pasti akan tersenyum dibuatnya.

VIDEO TARIAN LABA-LABA MERAK

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar: