Temuan Gua Panjang Ini, Harapan Bagi Koloni Manusia di Bulan


Minggu, 22 Oktober 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Temuan Gua Panjang Ini, Harapan Bagi Koloni Manusia di Bulan

Badan antariksa Jepang JAXA telah mengumumkan penemuan sebuah gua yang tersembunyi di balik permukaan bulan. Ditemukan oleh probe penjelajah Selenological and Engineering Explorer (Selene) Jepang yang menggunakan sistem sounder radar khusus yang mampu memeriksa struktur bawah tanah, gua besar diperkirakan relatif stabil dan membentang sejauh sekitar 50 kilometer dengan lebar dan kedalaman 50 meter.

Para ilmuwan percaya bahwa gua tersebut, yang dianggap sebagai tabung lava yang terbentuk oleh aktivitas vulkanik 3,5 miliar tahun yang lalu, dapat mengandung endapan es atau air di sepanjang dindingnya, menjadikannya lokasi yang sangat baik bagi para astronot untuk mendirikan sebuah pangkalan.

Baca Juga:

Temuan Gua Panjang Ini, Harapan Bagi Koloni Manusia di Bulan

"Kami sudah tahu tentang lokasi yang dianggap sebagai tabung lava... tapi keberadaan mereka belum dikonfirmasi sampai sekarang," kata peneliti senior JAXA, Junichi Haruyama.

"Tabung lava mungkin merupakan situs kandidat terbaik untuk basis lunar di masa depan, karena kondisi termalnya yang stabil dan berpotensi untuk melindungi orang dan instrumen dari micrometeorites dan radiasi."

Temuan Gua Panjang Ini, Harapan Bagi Koloni Manusia di Bulan

JAXA berharap bisa meluncurkan misi berawak ke Bulan pada tahun 2030 dan kemungkinan gua yang baru ditemukan ini akan menjadi subyek beberapa studi baru sebelum itu.

"Kami belum benar-benar melihat bagian dalam gua itu sendiri sehingga ada harapan tinggi bahwa menjelajahinya akan menawarkan lebih banyak rincian," kata Junichi Haruyama.

Semoga setelah menemukan dan meneliti ke dalam gua tersebut, benar-benar akan menjadikannya tempat yang aman untuk para astronot di masa depan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box


Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.