Mesin Cerdas (AI) dimatikan Setelah Menciptakan Bahasa Sendiri


Jumat, 04 Agustus 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Mesin Cerdas (AI) dimatikan Setelah Menciptakan Bahasa Sendiri

Facebook dipaksa untuk menutup salah satu percobaan kecerdasan buatannya karena masalah yang tak terduga. Dalam apa yang bisa menjadi pertanda hal-hal yang akan datang, raksasa media sosial ini mengambil keputusan untuk menarik steker setelah sistem muncul dengan bahasanya sendiri dan mulai berkomunikasi dengan kalimat yang tidak dapat dimengerti.

Berita tersebut menyoroti potensi ketidakpastian sistem intelijen buatan dan alasan mengapa Elon Musk, Stephen Hawking dan tokoh terkemuka lainnya di sektor sains dan teknologi telah memperingatkan kita selama bertahun-tahun bahwa AI memiliki risiko besar bagi masa depan umat manusia.

Baca Juga:

Mesin Cerdas (AI) Dimatikan Setelah Menciptakan Bahasa Sendiri

Sementara itu, chatbot yang membuat bahasanya sendiri tidak mengancam dirinya sendiri, mudah untuk melihat bagaimana, di masa depan, AI yang lebih maju misalnya, memutuskan bahwa umat manusia merupakan ancaman bagi keberadaannya.

Memiliki dua AI yang berkomunikasi dalam bahasa yang dibuat yang hanya bisa mereka mengerti sendiri adalah contoh mengerikan tentang bagaimana sistem semacam itu dapat membantah atau melawan manusia yang menciptakannya dan melaksanakan agenda mereka sendiri.

Dalam skenario terburuk, mesin cerdas bahkan bisa diberi kontrol atas sistem senjata.

"Saya memiliki akses ke AI yang paling canggih, dan saya pikir orang-orang harus benar-benar mengkhawatirkannya," kata Elon Musk baru-baru ini. "AI adalah kasus yang jarang terjadi dimana saya pikir kita perlu bersikap proaktif dalam regulasi daripada bersikap reaktif. Karena menurut saya saat kita reaktif dalam peraturan AI, mungkin sudah terlambat."

Contoh dari apa yang terjadi ketika dua orang AI masuk ke percakapan dapat dilihat di video bawah ini:

VIDEO PERCAKAPAN AI

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar