T. rex Afrika, Salah Satu Dinosaurus Terakhir Sebelum Punah


Jumat, 05 Mei 2017
Label:

[Sains Box] Fosil yang sangat langka milik dinosaurus predator purba telah ditemukan di sebuah tambang di Maroko. Dikenal sebagai Chenanisaurus barbaricus, predator zaman Kapur ini adalah jawaban Afrika terhadap Tyrannosaurus rex dan kehidupan sebelum kepunahan dinosaurus.

Fosil tersebut, yang ditemukan di tambang fosfat di Sidi Chennane di Cekungan Oulad Abdoun di Maroko, merupakan fosil yang sangat langka sehingga penemuannya telah disamakan dengan memenangkan undian.

T. rex Afrika, Salah Satu Dinosaurus Terakhir Sebelum Punah

Baca Juga:

"Penemuan ini tidak biasa karena fosil dinosaurus tersebut dari batu laut, ini seperti berburu fosil ikan paus dan menemukan fosil seekor singa," kata Nick Longrich dari University of Bath.

"Ini adalah penemuan yang sangat langka, hampir seperti memenangkan undian. Tetapi tambang fosfat sangat kaya, ini seperti membeli satu juta tiket lotre, jadi kita benar-benar memiliki kesempatan lagi untuk menemukan dinosaurus langka seperti ini."

Chenanisaurus sedikit lebih kecil dari sepupunya yang lebih terkenal dan memiliki moncong tumpul. Sementara T. rex didominasi di Amerika Utara, sedangkan Chenanisaurus berada di puncak rantai makanan di Afrika.

"Kami hampir tidak memiliki fosil dinosaurus sejak periode ini di Maroko, bahkan mungkin ini adalah dinosaurus pertama yang dinamai dari akhir-Kapur di Afrika," kata Longrich.

"Ini juga salah satu dinosaurus terakhir di Afrika sebelum kepunahan massal yang melenyapkan seluruh dinosaurus."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar