Eksoplanet 'Proxima b' Memiliki Iklim Yang Stabil


Rabu, 17 Mei 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah mencoba untuk mengetahui seperti apa cuaca di dunia yang baru ditemukan ini. Dunia yang bernama Proxima b terletak hanya 4,2 tahun cahaya di orbit sekitar bintang kerdil merah bernama Proxima Centauri, planet terestrial kecil ini, pertama kali ditemukan pada Agustus 2016, diyakini bisa menjadi Bumi kedua yang asli.

Kini, tim ahli astrofisika dan cuaca telah menggabungkan usaha mereka untuk menentukan apakah kondisi di Proxima b cukup menguntungkan bagi kehidupan yang ada di sana.

Eksoplanet Proxima b Memiliki Iklim Yang Stabil

Baca Juga:

Dengan menggunakan versi modifikasi peralatan prediksi cuaca Met Office, para peneliti mendekati tugas untuk memperkirakan kondisi planet berdasarkan dua kemungkinan skenario.

Proxima b lebih dekat dengan bintang induknya daripada Bumi, jadi untuk skenario pertama tim bekerja di bawah asumsi bahwa planet ini dikunci secara diam-diam dengan satu sisi selalu menghadap bintangnya. Hasil untuk kemungkinan ini menunjukkan bahwa sisi siang hari akan melihat sejumlah besar curah hujan.

Eksoplanet Proxima b Memiliki Iklim Yang Stabil

Skenario kedua menempatkan Proxima b pada orbit yang sama dengan Merkurius. Karena Proxima Centauri jauh lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari, orbit yang lebih dekat akan menghasilkan kondisi permukaan yang sangat mirip dengan yang ditemukan di Bumi.

Kedua skenario tersebut menghasilkan "rezim iklim yang sangat stabil" dengan kemungkinan air cair.

Eksoplanet Proxima b Memiliki Iklim Yang Stabil

"Kami telah mengabaikan adanya permukaan tanah, karena kami tidak memiliki informasi mengenai bagaimana keadaan ini disana, namun mengingat permukaannya tertutup air, kami juga mengabaikan pengangkutan panas oleh lautan," tulis para peneliti.

Jadi apakah Proxima b benar-benar planet yang cocok untuk pengganti Bumi? Sepertinya, misi untuk mengunjungi planet ini dari dekat harus benar-benar dilakukan untuk dapat memastikannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bt)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar