Sejarah 'Brexit' Sudah Terjadi 160 Ribu Tahun yang Lalu


Rabu, 05 April 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Brexit (Britain Exit) adalah peristiwa bersejarah bagi Inggris dan Uni Eropa, dimana peristiwa ini pada akhirnya telah menentukan nasib Inggris yang harus keluar dari Uni Eropa. Namun tahukah Anda? Inggris pada ribuan tahun yang lalu sebenarnya sudah memiliki sejarah tersendiri terkait Brexit ini.

Ahli geologi telah mengungkapkan adanya peristiwa banjir dahsyat yang memisahkan Inggris dari seluruh Eropa. Inggris dan Perancis mungkin dipisahkan oleh Selat Dover hari ini, tapi 450.000 tahun yang lalu kedua negara itu terhubung oleh bukit berkapur panjang yang menahan sebuah danau besar air dingin.

Sejarah Brexit Sudah Terjadi 160 Ribu Tahun yang Lalu

Baca Juga:

"Ini akan menjadi pemandangan dramatis," kata Profesor Sanjeev Gupta. "Itu akan menjadi dingin, abu-abu, berbatu, dengan vegetasi yang sangat jarang, seperti Svalbard atau Siberia."

Akhirnya, karena alasan yang masih belum jelas, punggung bukit ini mulai meluap, sehingga air terjun besar itu pecah lebih jauh, menciptakan banjir yang berlangsung di saluran tersebut.

“Kami menemukan lubang besar pada dasarnya, terkikis ke dalam batuan dasar di Selat Dover, dan kami percaya penjelasan terbaik untuk ini adalah bahwa ini adalah kolam berendam raksasa, pada dasarnya dibentuk oleh air terjun dari air danau terjun di atas [punggung bukit], ”kata Gupta.

Lubang-lubang sedimen sangat besar, tambahnya, mencapai hingga 140 meter kedalamannya dan sampai 4 km diameternya, dan ada di garis berjalan di dasar laut. Penulis studi mengatakan ini adalah bukti nyata pertama bahwa mereka adalah sisa-sisa dari kolam berendam besar.

Sejarah Brexit Sudah Terjadi 160 Ribu Tahun yang Lalu

Analisis data baru telah mengungkapkan rincian dari lembah besar, terukir di dasar laut, terus memanjang dari belakang lokasi bekas punggung bukit batu ke dalam selat, memotong melintasi kolam berendam dan menghubungkan dengan lembah di tengah selat itu. Kata Gupta, ini menunjukkan hal itu dibentuk oleh bencana banjir, yang mungkin terjadi sekitar 160.000 tahun yang lalu, selama periode glasial lain. “Kami pikir ini sebenarnya berasal dari danau lanjut ke hulu,” katanya, menambahkan bahwa banjir besar juga telah mencungkil pusat selat.

Dengan adanya banjir 160.000 tahun yang lalu telah menenggelamkan seluruh daerah dan melahirkan Selat Dover saat ini. Inggris mungkin hanya sepenuhnya menjadi sebuah pulau, setelah permukaan laut naik terkait dengan iklim yang lebih hangat.

"Serangkaian kesempatan peristiwa geologi ini telah mengatur 'panggung' untuk Inggris menjadi sebuah pulau," kata Gupta. "Jika bukan karena peristiwa ini, dalam arti sejarah Inggris telah benar-benar berbeda."

“Anda bisa mengatakan itu adalah awal mula peristiwa bersejarah untuk Brexit 1.0,” katanya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar