Inilah Gambar Pertama Keberadaan 'Materi Gelap'


Sabtu, 15 April 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan di Ontario telah menyusun gambar filamen materi gelap yang menghubungkan dua galaksi menyatu. Materi yang terkenal dengan penuh teka-tekinya ini, yang diperkirakan menyumbang hingga 85% dari massa alam semesta, tetap menjadi salah satu misteri yang belum terpecahkan. Dan telah menjadi bagian paling penting dalam fisika modern.

Bahkan mengamati materi gelap secara langsung telah terbukti menjadi tantangan, tapi sekarang dua peneliti di University of Waterloo percaya bahwa mereka telah berhasil menciptakan citra komposit yang menunjukkan filamen materi gelap menjembatani dua galaksi yang berjarak 4,5 miliar tahun cahaya jauhnya.

Inilah Gambar Pertama Keberadaan Materi Gelap

Baca Juga:

Gambar mengesankan ini mengambil keuntungan dari teknik yang dikenal sebagai lensa gravitasi yang lemah yang menyebabkan munculnya obyek yang jauh melengkung sedikit di bawah pengaruh massa tak terlihat.

"Selama beberapa dekade, para peneliti telah memprediksi adanya filamen materi gelap antara galaksi yang bertindak seperti suprastruktur web, menghubungkan galaksi bersama-sama," kata penulis studi Mike Hudson, seorang profesor astronomi di University of Waterloo.

Inilah Gambar Pertama Keberadaan Materi Gelap

Inilah Gambar Pertama Keberadaan Materi Gelap

"Gambar ini menggerakkan kita melampaui prediksi untuk sesuatu yang kita bisa lihat dan ukur."

Dengan adanya keberhasilan gambar ini, maka pembagian massa alam semesta pun mengalami perubahan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Artinya semesta ini didominasi oleh materi gelap dong mas ya....temuan yg bs mengubah beberapa tinjauan tentang struktur alam semesta....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu prediksi awalnya sob, skrg berubah, yg mendominasi adalah energi gelap sebanyak 71,4 %.

      Hapus