Ternyata, Gajah Lebih Cerdas Dari yang Kita Duga


Kamis, 13 April 2017
Label:

[Sains Box] Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa gajah memiliki tingkat pemahaman diri yang langka pada hewan. Penelitian ini melibatkan seekor gajah untuk melakukan tes kecerdasan yang 'tampak sederhana' dirancang untuk menyoroti apakah mereka mampu menumbuhkan 'kesadaran tubuh'.

Dalam tes tersebut, gajah disuruh berdiri di atas tikar yang mana ada sebuah tongkat diikatkan ke tikar tersebut. Untuk lulus dari tes, gajah diperintahkan untuk memberikan tongkat yang terikat tikar itu ke tangan seorang peneliti yang berdiri jarak jauh.

Ternyata, Gajah Lebih Cerdas Dari yang Kita Duga

Baca Juga:

Secara teori, itu akan sulit dilakukan jika gajah tetap berdiri di atas tikar. Disinilah inti tes tersebut, apakah gajah dapat memahaminya atau tidak.

Ternyata sungguh mengesankan, gajah dapat menyadari hal itu, untuk bisa memberikan tongkat mereka pun harus bergerak dari atas tikar.

"Ini adalah tes yang tampak sederhana, tetapi implikasinya cukup mendalam," kata Dr Josh Plotnik.

"Gajah-gajah mengerti bahwa tubuh mereka menghalangi jalan, sehingga mereka melangkah ke samping untuk memungkinkan diri mereka dapat menyelesaikan tugas."

Ternyata, Gajah Lebih Cerdas Dari yang Kita Duga

"Ini berarti bahwa gajah mungkin mampu mengenali diri mereka sebagai bagian terpisah dari objek atau lingkungan mereka. Ini berarti bahwa mereka juga mungkin memiliki tingkat pemahaman diri, ditambah lagi dengan melewati mereka dari tes cermin, yang cukup langka dalam dunia hewan."

Wow, bravo gajah!!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

4 komentar:

  1. Gajah memang salah satu hewan yang cerdas, jadi jangan coba coba melakukan hal yang tidak disukainya, bisa bisa ngamuk dan membahayakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt sob, bahkan gajah itu bs menghafal wajah seseorg. apalagi jika seseorg tersebut sudah bikin dia marah. bakal diuber trs sampe kena. ngeri deh...

      Hapus
  2. Ngeri juga yah kalau sampai gajah bisa mengenali setiap orang yang berani mengusiknya, bisa di uber sampai dapat sama dia.. makanya jangan coba-coba nyakitin dia ya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kang Maman, ini udh ada faktanya loh, saya bs tau itu dari cerita nenek saya, ada seseorg yg katanya pernah jahat ke anak gajah, nah, waktu itu ibunya tau, meskipun saat itu orgnya bs kabur. Tp suatu saat ia muncul lg ditempat lain, dan ketemu sama si gajah ibunya itu. Meskipun orgnya ga ingat ama si gajah. Tp si gajah ingat, diuber tuh org sampe kena babak belur. untung msh bs diselametin ama si pawang. pokoknya hati2 deh ama gajah.

      Hapus