Ilmuwan Berhasil Ajari Lebah Menggelindingkan Bola


Minggu, 26 Februari 2017
Label: ,

[Sains Box] Sebuah percobaan baru telah mengungkapkan untuk pertama kalinya betapa lebah itu sebenarnya sangat inovatif. Ia ternyata bisa memecahkan masalah serta dapat diajak kerja sama. Seperti yang dilakukan pada sebuah penelitian, oleh ahli ekologi perilaku, Olli Loukola dan rekan-rekannya di Queen Mary University of London, yang berhasil mengajari lebah untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan memberi imbalan kepada mereka hadiah gula.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa lebah mampu beradaptasi perilaku alami mereka untuk memecahkan masalah seperti menarik seutas tali, sehingga dalam hal ini para ilmuwan ingin melihat apakah serangga ini juga bisa belajar untuk melakukan sesuatu yang sama sekali asing bagi mereka, tugas yang mereka tidak akan pernah lakukan di alam liar.

Ilmuwan Berhasil Ajari Lebah Menggelindingkan Bola

Baca Juga:

Untuk tujuan ini, para peneliti membuat puzzle sederhana yang diperlukan lebah untuk menggelindingkan bola kuning kecil ke dalam lingkaran untuk menerima hadiah.

Hebatnya, lebah berhasil mengambil dasar-dasar tugas langsung dan terbukti sangat efektif menggulirkan bola ke dalam lingkaran sasaran. Selain itu juga, serangga ini bahkan datang dengan cara mereka sendiri yang lebih efisien untuk memecahkan masalah dengan menggulirkan bola ke belakang bukan ke depan.

Ketika para peneliti mengubah warna bola, lebah masih tetap mendorongnya ke lingkaran, yang mengindikasikan bahwa mereka memahami prinsip dasar dari apa yang harus mereka lakukan, bukan berdasarkan warna bola.

Ilmuwan Berhasil Ajari Lebah Menggelindingkan Bola

"Lebah ini memecahkan masalah secara lebih efektif," dan menunjukkan bahwa mereka bisa "generalisasi solusi untuk situasi baru," kata Anne Leonard, seorang ahli ekologi perilaku di University of Nevada di Reno, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Fleksibilitas ini bisa membantu lebah di alam liar, yang saat ini menghadapi penurunan populasi secara meluas. "Ini menunjukkan bahwa lebah mungkin dapat merespon dengan cepat untuk masalah baru yang timbul di lingkungan mereka," seperti pengenalan tanaman berbunga baru dan hilangnya beberapa yang sudah familiar, kata Daniel Papaj, ahli biologi evolusi di University of Arizona di Tucson .

Yang paling penting bagi para peneliti studi tersebut, "Ini menempatkan paku terakhir di peti mati dari ide bahwa otak kecil membatasi serangga" kemampuan kognitif, kata rekan penulis Lars Chittka, seorang ahli ekologi perilaku juga di Queen Mary University of London. Ada lebih banyak yang terjadi di bawah exoskeleton tak seperti yang kita pikirkan.

Mau tahu bagaimana lebah-lebah ini beraksi menggelindingkan bola demi mendapat hadiah gula? Intip video bawah:

VIDEO LEBAH MAIN BOLA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar