China Klaim: Berhasil Menguji EmDrive di Ruang Angkasa


Rabu, 21 Desember 2016
Label: ,

[Sains Box] China telah mengklaim bahwa saat ini mereka telah berhasil menguji mesin ruang angkasa EmDrive yang dikatakan sebagai 'alat yang tidak mungkin' karena konsep kerjanya melawan hukum fisika. Mesin ini telah diuji coba oleh China pada stasiun ruang angkasa mereka yang bernama Tiangong 2.

EmDrive pertama kali dikenalkan oleh insinyur kedirgantaraan Roger Shawyer pada tahun 2001. Secara teori, EmDrive menciptakan medan elektromagnetik aniostropic dalam rongga microwave, mengandalkan bidang directional untuk menginduksi gerakan, mesin ini bekerja dengan mengubah tenaga listrik menjadi pendorong tanpa perlu melalui proses propelan yang menurut pendapat para ilmuwan adalah pelanggaran langsung dari hukum fisika.

China Klaim: Berhasil Menguji EmDrive di Ruang Angkasa

Baca Juga:

Namun, meskipun begitu, sebuah studi peer-review terbaru menunjukkan bahwa mesin drive misterius ini memang memiliki janji dan sekarang China telah mengambil satu langkah lebih jauh dengan mengumumkan bahwa ia tidak hanya berhasil menguji satu di laboratorium, bahkan berhasil mengirimkan satu di ruang angkasa. Luar biasa!

Berita itu datang melalui pengumuman yang dibuat awal bulan ini oleh Dr Chen Yue, selaku Direktur Komersial Teknologi Satelit untuk China Academy of Space Technology (CAST).

Bukti konsep EmDrive saat ini berada di kapal stasiun ruang angkasa Tiangong 2 dimana astronot sedang melakukan tes untuk melihat apakah itu benar-benar dapat menghasilkan daya dorong dalam lingkungan gravitasi nol atau tidak.

Jika memang berhasil, itu akan menambah nilai lebih lanjut untuk menerapkan gagasan bahwa mesin ruang angkasa misterius ini akan memiliki potensi untuk dapat mengirim astronot ke Mars dalam waktu hanya 70 hari saja, dan ini benar-benar adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Alat ini benar-benar akan merevolusi teknologi ruang angkasa di masa depan.

China Klaim: Berhasil Menguji EmDrive di Ruang Angkasa

Tiangong 2 sendiri telah diluncurkan pada bulan September 2016 kemarin, ia akan menunjukkan misi jangka panjang orbital untuk taikonauts China, dan teknologi pengujian seperti jam atom dingin dan komunikasi kuantum. Kini ia juga telah menjadi kendaraan tuan rumah bagi demonstran CAST EmDrive.

Bagaimana dengan langkah NASA?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: