Planet Kesembilan Penyebab Kemiringan Sumbu Matahari


Kamis, 27 Oktober 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah planet besar bersembunyi di luar tata surya yang mungkin telah menyebabkan sumbu rotasi matahari menjadi miring. Tidak ada yang tahu persis di mana planet itu berada, dan seberapa besar ukurannya, tapi ketika para peneliti di California Institute of Technology mengungkapkan awal tahun ini bahwa keberadaan planet kesembilan dalam sistem tata surya kita adalah kemungkinan yang sangat nyata, perburuan dunia baru misterius ini dimulai dengan sungguh-sungguh.

Baru-baru ini, Mike Brown dan Konstantin Batygin, para ilmuwan yang awalnya mengutarakn keberadaan planet ini, telah maju sekali lagi untuk menawarkan bukti lebih lanjut.

Planet Kesembilan Penyebab Kemiringan Sumbu Matahari

Baca Juga:

Temuan mereka, yang disajikan minggu ini pada pertemuan tahunan para ilmuwan planet dari American Astronomical Society, menunjukkan bahwa ukuran besar Planet Nine (Planet Kesembilan) dapat menyebabkan sistem tata surya mengalami "goyangan" dan menyebabkan sumbu rotasi matahari menjadi miring, sebuah fenomena yang tetap menjadi misteri selama lebih dari dua abad.

"Karena Planet Sembilan begitu besar dan memiliki orbit miring dibandingkan dengan planet lain, maka sistem tata surya tidak memiliki pilihan selain untuk perlahan-lahan memutar keluar dari keselarasan," kata pemimpin penulis Elizabeth Bailey.

Planet Kesembilan Penyebab Kemiringan Sumbu Matahari

Menurut Brown, ada kesempatan baik bahwa Planet Sembilan akan dilacak dan langsung diamati oleh teleskop selama 16 bulan.

"Saya berpikir bahwa akan ada cukup banyak orang yang ikut mencari ... seseorang benar-benar akan melacaknya," katanya. "Suatu saat, salah satu dari kita yang ada di konferensi ini akan berbicara tentang penemuan Planet Sembilan."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Y udah nanti kalo ketemu planet sembilan, orbit planet yg miring itu dilurusin supaya g miring lagi
    Gampangkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake apa sob nglurusinnya? pake minyak urut ya? hehe... :D

      Hapus