Mentega Rawa Usia 2.000 Tahun Masih Dapat Dimakan?


Sabtu, 18 Juni 2016
Label:

[Sains Box] Sebuah potongan besar mentega kuno yang memiliki berat sekitar 9 kg telah diambil dari sebuah rawa gambut oleh seorang petani di Irlandia. Penemuan mentega kuno ini didapatkan pada awal Juni di Emlagh Bog, County Meath oleh Jack Conway ketika ia mengeluarkan beberapa gambut untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Dikenal sebagai 'bog butter' atau mentega rawa, bentuknya yang seperti bola merupakan produk susu dalam kondisi yang luar biasa mengingat bahwa itu telah terkubur di bawah rawa selama lebih dari 2.000 tahun.

Mentega Rawa Usia 2.000 Tahun Masih Dapat Dimakan?

Baca Juga:

Di Irlandia mentega abad pertengahan kuno dan awal dianggap sesuatu yang mewah dan gambut rawa digunakan sebagai cara untuk menyimpannya, dikarenakan suhunya yang rendah dan kandungan oksigennya.

Namun, dalam kasus ini, mentega yang ditemukan tersebut belum terkubur di dalam wadah atau gentong yang menunjukkan bahwa mungkin telah benar-benar digunakan sebagai semacam persembahan kepada para dewa.

Menurut Andy Halpin dari Museum Nasional Irlandia, mentega rawa mungkin bahkan masih dapat dimakan, tetapi mengingat usianya yang terbilang ekstrim, mungkin bukan ide yang baik untuk mencoba memakannya.

Mentega Rawa Usia 2.000 Tahun Masih Dapat Dimakan?

Hmm, seperti apa rasanya?? 2.000 tahun terkubur???

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar