Terpecahkan, Bagaimana Ular Bisa Kehilangan Kakinya


Minggu, 29 November 2015
Label: ,

[Sains Box] Berdasarkan fosil yang pernah ditemukan sebelumnya, para ilmuwan memperkirakan bahwa nenek moyang ular sebenarnya memiliki kaki. Hal ini juga telah menjelaskan mengapa seringkali ditemukan ular yang memiliki kaki.

Kini, setelah melalui penelitian yang cukup lama, para ilmuwan mengungkapkan bahwa ular kehilangan anggota tubuh mereka ketika mereka mulai hidup dan berburu di dalam liang. Temuan itu berdasarkan hasil CT scan baru pada spesies Dinilysia patagonica, yaitu kerabat ular modern yang hidup sekitar 90 juta tahun yang lalu dan tumbuh hingga dua meter panjangnya.

Terpecahkan, Bagaimana Ular Bisa Kehilangan Kakinya

Baca Juga:

Dengan membandingkan kanal dan rongga interior dari beberapa spesies modern, para ilmuwan mampu menentukan bahwa hewan penggali memiliki struktur telinga bagian dalam yang berbeda dengan hewan yang tidak pernah menggali liang sama sekali.

Dengan menganalisis fosil menjadi mungkin untuk menemukan korelasi antara waktu di mana ular kehilangan anggota tubuh mereka dan waktu di mana mereka mulai hidup dan berburu di dalam liang.

Terpecahkan, Bagaimana Ular Bisa Kehilangan Kakinya

Terpecahkan, Bagaimana Ular Bisa Kehilangan Kakinya

"Bagaimana ular kehilangan kaki mereka telah lama menjadi misteri bagi para ilmuwan, tetapi tampaknya hal ini terjadi ketika nenek moyang mereka mulai menjadi mahir menggali," kata pemimpin ilmuwan Dr Hongyu Yi.

"Telinga bagian dalam fosil dapat mengungkap jumlah informasi yang luar biasa, dan sangat berguna ketika eksterior fosil terlalu rusak atau rapuh untuk diperiksa."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar