Gua Avshalom, Gua Stalaktit Terindah Di Dunia


Selasa, 21 Januari 2014
Label:

[Sains Box] Jika biasanya harus bersusah payah dengan alat khusus untuk bisa masuk ke dalam perut bumi, akan tetapi Gua Avshalom membuatnya menjadi lebih mudah. Terletak di lereng sebelah barat Pegunungan Yudea, tidak jauh dari Bet Shemesh, Israel, gua Avshalom ini telah mencuri banyak perhatian. Suasana nya yang indah, serta sudah mulai ada fasilitas khusus untuk para wisatawan, membuat gua ini menjadi salah satu tempat favorite yang musti dikunjungi. Anak tangga yang rapi, penerangan, hingga pemandu sudah tersedia juga di gua yang satu ini. Jadi tak perlu ragu untuk menjelajahi perut bumi.

Tempat ini sebenarnya punya nama resmi, yaitu Gua Avshalom Shoham. Nama tersebut adalah nama dari tentara Israel yang gugur di dalam gua saat Perang Atrisi. Akan tetapi, gua ini ternyata juga punya nama lain, yaitu Gua Soreq.

Lubang besar yang satu ini ternyata punya pemandangan yang sangat luar biasa. Ya, gua yang satu ini dikenal sebagai gua dengan pemandangan stalaktit paling indah di dunia. Oleh karena itu, banyak juga wisatawan yang lebih mengenal tempat ini dengan nama Gua Stalaktit.

Gua Avshalom, Gua Stalaktit Terindah Di Dunia

Gua Avshalom, Gua Stalaktit Terindah Di Dunia

Gua ini memiliki luas ruangan hingga 5.000 meter persegi. Yang paling mengesankan adalah ratusan stalaktit dan stalagmit yang membentuk banyak pola. Tentunya semua itu terjadi secara alami, bukan dipahat. Sekilas, ada stalaktit atau stalagmit yang berbentuk seperti kain yang halus, cabang ranting pohon, karang, hingga buah anggur. Stalaktit dan stalagmit di Gua Avshalom terbentuk oleh air yang mengalir dari langit-langit. Batuan kapur lama-kelamaan meleleh dan membentuk ruangan yang sangat indah. Selama ratusan tahun, hal tersebut terjadi sehingga melahirkan pemandangan yang sungguh luar biasa. Tidak hanya itu, air yang menetes tersebut kemudian juga membuat sebuah kolam di dalam gua.

Gua Avshalom, Gua Stalaktit Terindah Di Dunia

Gua Avshalom, Gua Stalaktit Terindah Di Dunia

Gua Avshalom ditemukan secara tidak sengaja pada bulan Mei 1968. Saat itu terjadi letusan gunung sehingga membuka celah untuk pintu masuk ke dalam gua yang fantastis ini. Setelah penemuan tersebut, lokasi gua sempat dirahasiakan selama beberapa tahun, karena takut akan kerusakan kekayaan alamnya. Namun saat ini, Gua Avshalom sudah dibuka untuk umum sepanjang tahun.

Menurut ahli geologi, Gua Avshalom terbentuk sejak sekitar 25 juta tahun yang lalu. Pergeseran lempeng bumi membuat air mudah masuk ke dalam lereng di Pegunungan Yudea ini.

Gua ini terlihat sangat terawat dan dalam perhatian khusus. Bahkan ada beberapa stalaktit dan stalagmit yang masih bisa berubah bentuk karena umurnya. Suhu di dalam gua juga dijaga agar tetap lembab demi kelangsungan perubahan wujud secara alami dari ornamen di dalam gua tersebut.

Kayaknya cocok banget tuh buat mejeng... hehe... ^_^



sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: