Klaim 'Jamur' Di Mars Memicu Kontroversi


Selasa, 11 Mei 2021
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Klaim 'Jamur' Di Mars Memicu Kontroversi

Sebuah tim peneliti internasional telah menerbitkan sebuah makalah yang mengklaim bahwa terdapat bukti jamur di Mars. Selama bertahun-tahun kita telah melihat ratusan contoh hal-hal aneh yang difoto oleh penjelajah Mars NASA, namun ini selalu menjadi contoh pareidolia yaitu kecenderungan alami otak manusia untuk melihat bentuk yang dikenal seperti wajah dan sosok, dengan kata lain pola yang abstrak.

Namun klaim terbaru ini sedikit lebih menarik, paling tidak karena ia berasal dari sekelompok ilmuwan yang bahkan telah menerbitkan makalah tentang subjek tersebut.

Baca Juga:

Klaim Jamur Di Mars Memicu Kontroversi
Bentuk yang menyerupai jamur ditemukan di permukaan Mars
---------

Makalah tersebut, yang diterbitkan dalam Advances in Microbiology, menjelaskan tentang "spesimen Mars yang mirip jamur" yang terlihat dalam foto-foto yang diambil oleh penjelajah NASA.

"Jamur tumbuh subur di lingkungan dengan radiasi intens," tulis para peneliti.

"Foto-foto berurutan mendokumentasikan bahwa spesimen Mars yang mirip jamur itu muncul dari tanah dan bertambah besar ukurannya, termasuk yang menyerupai puffballs."

"Setelah spesimen bulat dilenyapkan oleh roda penjelajah, bola baru - beberapa dengan tangkai - muncul di atas puncak trek lama."



Penulis makalah tersebut juga mengklaim telah melihat "spesimen hitam seperti bakteri jamur" di atas penjelajah itu sendiri, serta bukti dari "spesimen amorf" yang "berubah bentuk dan lokasinya kemudian menghilang."

"Sudah diketahui dengan baik bahwa berbagai organisme darat bertahan hidup dalam kondisi mirip Mars," tulis mereka.

Namun, sejauh ini, baik NASA maupun komunitas ilmiah pada umumnya tidak memberikan kepercayaan apa pun pada temuan tim tersebut. Bagaimana dengan Anda? Anda percaya?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

7 komentar:

  1. Balasan
    1. ah mbak nih...percaya donk mbak.. kan enak tuh jamurnya buat di masak... :D

      Hapus
    2. abis dulu pernah ditipu mentah2 soal penjajakan di bulan.. XD

      Hapus
    3. apa udah yakin kita ditipu? skrg ini media digital memang bisa menjungkirbalikan fakta dan membenarkan yg hoax... sama halnya dengan informasi bahwa Bumi itu bulat? Apa mbak juga merasa telah ditipu tentang informasi bentuk Bumi? Yakin kalo Bumi itu bulat? atau apa yg org bilang Bumi datar juga bnr? intinya mah, apa yg kita dgr apa yg kita lihat memang tdk mudah utk dipercayai jika tdk melihat langsung dgn mata kepala sendiri.

      Hapus
  2. Soal pendaratan di bulan itu aku setengah percaya gak percaya sih, ketawa miris karena gak tau mana info yang valid. Lebih ke ngetawain diri sendiri sama orang2 yang ribut berantem di sosmed, apalagi aku juga gak punya kemampuan untuk membahas masalah ini. Nah masalah bumi ini juga jadi perdebatan yang gak ada habisnya. Aku sendiri masih belum yakin dengan bentuk bumi yang betul itu bulat atau datar. Kalo dilihat dari matahari yang tenggelam, itu bisa sedikit membuktikan kalo bentuk bumi itu bulat. Tapi perihal bentuk bumi datar juga agak menggelitik. Suami meyakini kalo bumi itu datar.. entah entah.. ini masih jadi PR.. apakah dia elips atau bentuk lain.. Hehehehe.. Mengapa aku sering mampir kesini juga karena aku juga suka membaca ilmu pengetahuan semacam ini. Ilmu tentang alam semesta gak akan ada habisnya sampai dunia ini benar-benar hancur.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.