'Objek-Objek Aneh' Terlihat Di Inti Galaksi Bima Sakti


Jumat, 17 Januari 2020
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] 'Objek-Objek Aneh' Terlihat Di Inti Galaksi Bima Sakti

Para ilmuwan telah menemukan jenis objek baru yang sangat aneh sehingga telah diberikan kelas baru. Ditemukan mengorbit Sagitarius A * yaitu lubang hitam supermasif yang terletak di pusat galaksi Bima Sakti. Kekhasan astronomi yang membingungkan ini telah dijuluki sebagai 'Objek G'.

Sepintas mereka tampak seperti awan gas raksasa 100 kali ukuran orbit Bumi di sekitar Matahari, tetapi ketika mereka semakin dekat ke lubang hitam mereka anehnya memanjang.

"Objek-objek ini terlihat seperti gas tetapi berperilaku seperti bintang," kata fisikawan dan astronom Andrea Ghez.

Baca Juga:

Objek-Objek Aneh Terlihat Di Inti Galaksi Bima Sakti
Ilustrasi objek-objek aneh yang ada di inti galaksi kita
---------

Dua objek G pertama (G1 dan G2) ditemukan dua dekade lalu dan sekarang tim astronom dari University of California, Los Angeles telah berhasil menemukan empat lagi.

Bahkan yang lebih aneh lagi adalah fakta bahwa penambahan baru ini (G3, G4, G5 dan G6) memiliki orbit yang sangat berbeda.

"Pada saat pendekatan terdekat, G2 memiliki tanda jejak yang benar-benar aneh," kata Ghez.

"Kami telah melihatnya sebelumnya, tetapi itu tidak terlihat terlalu aneh sampai mendekati lubang hitam dan menjadi memanjang, dan sebagian besar gasnya terkoyak."

"Itu berubah dari objek yang sangat berbahaya ketika jauh dari lubang hitam ke objek yang benar-benar terbentang dan terdistorsi pada pendekatan terdekatnya dan kehilangan kulit terluarnya, kini objek itu menjadi lebih padat lagi."

Jadi apakah sebenarnya objek-objek G ini?



Para ahli astronomi percaya bahwa setiap objek mungkin sebenarnya adalah sepasang bintang biner yang telah bergabung menjadi satu bintang besar yang dikelilingi oleh awan debu dan gas yang luas.

"Penggabungan bintang mungkin terjadi di alam semesta lebih sering daripada yang kita duga, dan kemungkinan cukup umum," kata Ghez. "Lubang hitam mungkin mendorong bintang biner ini untuk bergabung."

"Mungkin saja banyak bintang yang telah kita lihat dan tidak dipahami saat ini merupakan produk akhir dari merger yang tenang. Kita belajar bagaimana galaksi dan lubang hitam berevolusi."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Unik juga bintang bisa merger, ga sekalian diakuisisi hehe.. Menarik topik sains. Saya kadang berimajinasi itu kalau di ruang angkasa ke atas terus atau ke bawah terus itu membuatnya ke mana ya, ada yang mengatakan ke langit ke 7 hehe.. Lalu masuk lubang hitam apa benar pindah ke dimensi lain. Kita ngebor perut bumi, apa bisa nembus ke luar negeri? Dan terakhir, topik tentang miliarder daftar untuk berwisata ke bulan menarik juga. Maklum lah, Sultan mah bebas

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, asal jgn bintang kita aja yg merger... segini aja udh panas, apalagi merger ama bintang yg lain, bisa gosong nanti.. saya malah bingung, luar angkasa itu yg mana atas yg mana bawah sih? Masuk ke lubang hitam blm ada yg tau pasti munculnya kmn soalnya blm ada yg pernah masuk... kalo qt ngebor perut Bumi sedalam2nya yg ada kita mlh gosong dan gameover, inti Bumi kan panas... trs jg butuh brp lama utk ngebornya, ngebor buat bikin sumur aja lama bg kok... yg punya duit mah bebas mau kmn aja... ke bulan atau Mars sekalian jg bisa, asal tanggung sendiri aja nanti kalo ga bisa pulang... ^_^

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.