Fosil Tulang Rahang Denisovan Ditemukan Di Gua Tibet


Jumat, 03 Mei 2019
Label:
Advertisement
[Sains Box] Fosil Tulang Rahang Denisovan Ditemukan Di Gua Tibet

Temuan tak terduga ini merupakan bukti Denisovans pertama di luar Gua Denisova yang ada di Siberia. Diperkirakan telah berpisah dari garis keturunan kita sendiri hingga 750.000 tahun yang lalu, Denisova berbagi asal yang sama dengan Neanderthal dan mungkin telah hidup bersama mereka selama ribuan tahun.

Bukti pertama keberadaan mereka ditemukan dalam bentuk fosil jari dan fragmen lain yang digali di sebuah gua Siberia sembilan tahun lalu, dan sekarang, berkat penemuan kebetulan oleh seorang rahib, para ilmuwan telah mengidentifikasi tulang rahang Denisovan yang berasal dari 160.000 tahun yang lalu.

Baca Juga:

Fosil Tulang Rahang Denisovan Ditemukan Di Gua Tibet
#-Setengah tulang rahang Denisovan ditemukan di Tibet-#


Menurut laporan, tulang itu awalnya ditemukan oleh seorang biksu Buddha pada tahun 1980 yang memberikannya kepada Gung-Thang Living Buddha ke-6 yang pada akhirnya diserahkan ke Universitas Lanzhou.

Temuan ini sangat penting karena merupakan bukti pertama dari Denisovans berada di luar gua di mana fragmen fosil aslinya ditemukan.

Ini juga menunjukkan bahwa spesies hominin yang telah punah ini dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan rendah oksigen yang keras seperti di Dataran Tinggi Tibet dan kemungkinan besar adalah orang pertama yang pernah tinggal di sana.

Fosil Tulang Rahang Denisovan Ditemukan Di Gua Tibet
#-Rekonstruksi setengah tulang rahang menjadi utuh-#


"Saya sangat senang - kita memiliki Denisovan yang berada di tempat lain selain Denisova," kata ahli paleoantropologi, Bence Viola dari University of Toronto.

"Kami sudah tahu tentang Denisovans selama 10 tahun dan belum menemukannya di tempat lain."

Ini menjadi penemuan yang sangat berharga.

*******

Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Kadang ingin menjelajah waktu untuk melihat seperti apa sih jaman saat itu, kenapa rahang ini bisa tercecer dari tulang belulang lainnya, kenapa, apakah ada peledakan bom bunuh diri sampai tulang belulangnya tercecer kemana-mana ...
    Saat seperti ini mau time trivel

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin, kehidupan pada masa itu jauh lbh keras dari masa skrg mas... pembantaian bisa jd hal yg wajar terjadi saat itu, bahkan kanibalisme pun sudah ada.

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.