Inikah Satu-Satunya Tempat Yang Aman Dari Virus Corona?


Saturday, March 21, 2020
Labels: , , ,
Advertisement
[Sains Box] Inikah Satu-Satunya Tempat Yang Aman Dari Virus Corona?

Mereka yang ingin melakukan perjalanan yang sepenuhnya di luar jangkauan pandemi yang mematikan itu mungkin harus menjelajah sangat jauh. Satu pertanyaan yang sering muncul belakangan ini adalah tepatnya tempat mana yang masih benar-benar bersih dari infeksi coronavirus - tempat yang sejauh ini berhasil tetap tidak tersentuh oleh krisis yang sedang berlangsung ini.

Sementara ada beberapa negara - dan terutama pulau - yang telah berhasil tetap tanpa terkontaminasi, ada satu tempat yang telah berulang kali muncul, yaitu Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS / The International Space Station).

Baca Juga:

The International Space Station (ISS), benarkah tempat teraman dari virus corona?
---------

Memang benar bahwa para astronot yang mengorbit jauh di atas kepala kita tersebut saat ini aman dari jangkauan pandemi, tetapi apa yang terjadi ketika kru baru berkelana di sana? Bisakah mereka membawanya?

Kembali pada tahun 1968, kru Apollo 7 semua akhirnya menangkap flu biasa dari Cmdr. Wally Schirra yang secara tidak sengaja membawanya. Penyakit tersebut menyebabkan banyak masalah mulai dari kurangnya jaringan dan obat-obatan hingga anggota kru yang menolak untuk memakai helm selama masuk kembali.



Sementara masih mungkin penyakit ini dibawa ke luar angkasa, langkah-langkah yang diambil sebelum peluncuran sekarang membuatnya sangat tidak mungkin bahwa sesuatu seperti itu bisa terjadi lagi.

Menurut Luis Zea dari University of Colorado Bio Serve Space Technologies, para astronot diharuskan melewati masa karantina dua minggu sebelum mereka dapat meluncur ke luar angkasa.

Selama waktu ini, mereka secara rutin diamati dan diuji untuk memastikan bahwa mereka tidak membawa apa-apa.

Semoga saja virus corona segera menghilang dari tempat manapun!
---------

Dalam nada yang sama, persediaan yang dikirim ke ISS juga dibersihkan untuk mencegah kontaminasi.

Jadi, apakah ISS adalah satu-satunya tempat yang tidak terjangkau oleh virus corona?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 comments:

  1. Katanya selama pandemi ini, misi-misi keluar angkasa juga ditunda, agar nggak menyebar di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti para astronot yg skrg ada disana bisa dibilang yg paling beruntung dan aman

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.