Ilmuwan Berhasil Ciptakan Organisme Dengan DNA Sintetis


Monday, May 20, 2019
Labels: ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Berhasil Ciptakan Organisme Dengan DNA Sintetis

Revolusi terbesar dalam pengeditan gen menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dengan pengeditan gen, ilmuwan berhasil menciptakan organisme hidup di lab.

Mikroba hidup yang dibuat di laboratorium ini memiliki kode DNA sintetis penuh, dan merupakan yang pertama dari jenisnya yang pernah dibuat. Terobosan ini dikembangkan oleh para peneliti di laboratorium biologi molekuler di Universitas Cambridge yang mendesain ulang DNA E Coli, yaitu strain bakteri yang umum ditemukan.

Baca Juga:

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Organisme Dengan DNA Sintetis
#E coli, bakteri yang disintesis oleh para ilmuwan di laboratorium dalam proyek dua tahun#


Pekerjaan itu melibatkan pembuatan hingga 18.000 suntingan ke genom, kemudian secara kimia mensintesis kode genetik baru dan menambahkannya sepotong demi sepotong ke bakteri sampai pada akhirnya telah menggantikan genom alami.

Ciptaan yang dihasilkan sangat mirip dengan rekan alami, tetapi sepenuhnya sintetis dan bertahan pada set instruksi genetik yang jauh lebih kecil.

Prestasi tersebut merupakan langkah besar menuju penciptaan organisme buatan yang mampu melakukan berbagai tugas bermanfaat dalam tubuh manusia seperti misalnya menciptakan organisme yang dapat bertahan melawan virus.

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Organisme Dengan DNA Sintetis
#Organisme sintetis baru diberi nama Escherichia coli Syn61#


"Mereka telah membawa bidang genomik sintetik ke tingkat yang baru, tidak hanya berhasil membangun genom sintetis terbesar yang pernah ada hingga saat ini, tetapi juga membuat perubahan pengkodean genom terbanyak sejauh ini," kata peneliti biologi sintetis, Tom Ellis dari Imperial College London.

Organisme sintetis baru tersebut diberi nama Escherichia coli Syn61.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

4 comments:

  1. laboratorium biologi molekuler di Universitas Cambridge memang luar biasa, banyak terobosan yang meng-create dan modify organism

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul bgt... ilmuwan Indonesia kpn nih..?

      Delete
  2. Membikin makhluk hidup!!!!! *ternganga*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mbak ternganga...
      saya melongo...

      ati2 aja jgn sampe ada laler masuk... hehe :D

      Delete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.