Ilmuwan Hidupkan Kembali Otak Babi 4 Jam Setelah Kematian


Jumat, 19 April 2019
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Hidupkan Kembali Otak Babi 4 Jam Setelah Kematian

Eksperimen baru-baru ini telah mempertanyakan pemahaman kita tentang kapan otak seseorang benar-benar 'mati'. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Yale, melibatkan otak babi ke mesin khusus yang mengirimkan obat-obatan dan oksigen dengan memompa sejenis darah sintetis.

Setelah enam jam, para ilmuwan terkejut menemukan tanda-tanda aktivitas otak dan pemulihan pembuluh darah serta pengurangan yang signifikan dalam kematian sel otak, namun tidak ada indikasi aktivitas listrik di seluruh otak yang mengindikasikan kesadaran.

Baca Juga:

Ilmuwan Hidupkan Kembali Otak Babi 4 Jam Setelah Kematian
# Ilustrasi babi dan otaknya #


"Kematian sel di otak terjadi pada rentang waktu yang lebih lama dari yang kita pikirkan sebelumnya," kata ilmuwan saraf, Prof Nenad Sestan.

"Apa yang kami tunjukkan adalah proses kematian sel yang terjadi secara bertahap. Dan beberapa proses itu dapat ditunda, dipertahankan, atau bahkan dibalik."

Namun, proses untuk menghidupkan kembali otak yang mati mungkin tampaknya agak mengerikan, dalam jangka panjang eksperimen semacam itu dapat terbukti sangat berharga dalam membantu mengembangkan perawatan baru bagi pasien yang mengalami kerusakan otak serta bagi orang yang menderita kondisi seperti demensia dan Alzheimer.

"Garis penelitian ini dapat mengarah pada cara baru mempelajari otak post-mortem," kata Dr Andrea Beckel-Mitchener. "Ini juga dapat merangsang penelitian untuk mengembangkan intervensi yang mendorong pemulihan otak setelah kehilangan aliran darah otak."

Namun, apa arti temuan ini untuk definisi kita tentang 'kematian otak' masih belum jelas.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Hebat juga ya gan para scientist bisa hidupin lagi otak babi yang mati, bisa dikaji ulang nih bagi scientist indo mungkin ya gan biar lebih komprehensif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu eksperimen yang dilakukan tanpa sengaja, dgn mendapatkan hasil yg diluar dugaan. Karena gak mungkin kita dapat menghidupkan yg sudah mati. Dan pada dasarnya jg, otak tersebut memang sudah mati. Hanya msh ada sedikit aktivitas saja. Makanya ini dibilang masih blm jelas.

      Hapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.