Wow, Meteorit Langka Ini Usianya Lebih Tua Dari Bumi


Rabu, 08 Agustus 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Wow, Meteorit Langka Ini Usianya Lebih Tua Dari Bumi

Para ilmuwan telah lama mempelajari sebongkah batu meteorit yang diduga berasal dari masa sebelum kelahiran tata surya kita. Penelitian yang dilakukan oleh tim di Universitas Manchester ini, melibatkan analisis asteroid langka dan kuno yang ditemukan di Afrika pada tahun 2016 yang lalu.

Meteorit yang diperkirakan berasal dari 4,6 miliar tahun dimana ia berada pada waktu segera sebelum tata surya kita muncul, merupakan batuan luar angkasa yang kini telah dijuluki dengan nama NWA 11119. Tentu saja, hal ini menjadikannya sebagai meteorit beku tertua yang pernah ditemukan.

Baca Juga:

Meteorit Langka Ini Usianya Lebih Tua Dari Bumi

Apa yang membuat NWA 11119 sangat menarik adalah komposisinya. Menurut para ilmuwan, meteorit ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan jenis material yang terbuat dari kerak Bumi.

Karena itu, diyakini bahwa meteorit ini pernah menjadi bagian dari lapisan kerak dari asteroid yang akan terbentuk dengan cara yang sama seperti kerak planet kita sendiri.

Dengan demikian, hal ini bisa mengajarkan kita banyak tentang bagaimana Bumi ini menjadi ada.

Meteorit Langka Ini Usianya Lebih Tua Dari Bumi

"Masih banyak yang harus dipelajari tentang bagaimana kerak bumi bisa terbentuk," kata mahasiswa doctoral bernama Poorna Srinivasan. "Kami baru saja mengikis permukaannya di sini."

Kita tunggu saja hasil penelitian selanjutnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar