Hewan Pertama di Dunia Menyebabkan Pemanasan Global


Kamis, 05 Juli 2018
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Hewan Pertama di Dunia Yang Menyebabkan Pemanasan Global

Perubahan iklim bukanlah hal yang baru, sebagaimana dibuktikan oleh pemanasan global yang pernah terjadi lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Kembali selama era Paleozoik, beberapa hewan pertama yang muncul di lautan di dunia telah mulai memecah bahan organik yang ditemukan di dasar laut, yang menyebabkan peningkatan karbon dioksida.

Hal ini menyebabkan efek pemanasan global yang berlangsung lebih dari 100 juta tahun.

Baca Juga:

Hewan Pertama di Dunia Yang Menyebabkan Pemanasan Global

"Seperti cacing di kebun, makhluk kecil di dasar laut mengganggu, mencampur dan mendaur ulang bahan organik mati, sebuah proses yang dikenal sebagai bioturbasi," kata Profesor Tim Lenton dari Universitas Exeter.

"Karena efek dari hewan yang menggali begitu besar, Anda akan melihat perubahan besar di lingkungan ketika seluruh lantai samudera berubah dari wilayah yang tidak terganggu menjadi wilayah yang ter-bioturbasi."

Para ilmuwan percaya bahwa proses ini mungkin telah menghasilkan beberapa peristiwa kepunahan massal pada zamannya.

Hewan Pertama di Dunia Yang Menyebabkan Pemanasan Global

"Ketika kami menjalankan model kami, kami terkejut dengan apa yang kami lihat," kata Dr. Benjamin Mills dari University of Leeds.

"Evolusi hewan-hewan kecil ini memang menurunkan oksigen di lautan dan atmosfer, tetapi juga meningkatkan tingkat karbon dioksida atmosfer sedemikian rupa sehingga menyebabkan peristiwa pemanasan global."

"Kami tahu bahwa pemanasan terjadi pada titik ini dalam sejarah Bumi, tetapi tidak menyadari itu bisa didorong oleh hewan."

Lalu, apa solusinya?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar