Akhirnya, Danau Air Cair Ditemukan Di Mars


Selasa, 31 Juli 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Akhirnya, Danau Air Cair Ditemukan Di Mars

Para ilmuwan percaya bahwa mereka telah mengidentifikasi keberadaan air yang terletak di bawah es kutub selatan Mars. Permukaan Mars memang telah diduga menutupi bagian-bagian seperti danau, sungai dan samudra yang kemungkinan ada di masa lalu, namun temuan ini menjadi bukti pertama kalinya untuk keberadaan air cair di Mars.

"Ini mungkin bukan danau yang sangat besar," kata pemimpin studi bernama Profesor Roberto Orosei dari Institut Nasional Italia untuk Astrofisika.

Baca Juga:

Akhirnya, Danau Air Cair Ditemukan Di Mars

Ditemukan menggunakan instrumen radar khusus di orbit Mars Express ESA, danau tersebut diperkirakan memiliki jarak sekitar 12 mil dan setidaknya satu meter.

"Ini benar-benar memenuhi syarat sebagai badan air," kata Prof Orosei. "Sebuah danau, bukan semacam lelehan air yang mengisi ruang antara batu dan es, seperti yang terjadi di gletser tertentu di Bumi."

Masih belum jelas seperti apa kondisi yang mungkin ditemukan di danau tersebut, namun agar tetap cair dalam suhu dingin seperti itu, kemungkinan danau itu mengandung jumlah garam yang sangat besar.

Akhirnya, Danau Air Cair Ditemukan Di Mars

Akhirnya, Danau Air Cair Ditemukan Di Mars

"Kami tidak lebih dekat untuk benar-benar mendeteksi kehidupan disana," kata Dr Manish Patel dari Universitas Terbuka.

"Tapi apa yang dilakukan oleh temuan ini adalah memberi kita lokasi untuk mencari di Mars. Ini seperti peta harta karun, kecuali dalam kasus ini, akan ada banyak tanda X untuk menandai tempat-tempat itu."

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar: