Ilmuwan Temukan Bukti Kehidupan Alien Di Bulan Milik Saturnus


Kamis, 28 Juni 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Ilmuwan Temukan Bukti Kehidupan Alien Di Bulan Milik Saturnus

Para ilmuwan telah menetapkan bahwa bulan es Saturnus yang bernama Enceladus memiliki 'semua persyaratan dasar untuk kehidupan seperti yang kita kenal'. Ketika pesawat ruang angkasa Cassini NASA mengambil sampel dari material yang dilemparkan ke ruang angkasa pada salah satu flyby terakhir milik Enceladus, ia mendeteksi bukti yang menggiurkan dari kimia organik kompleks.

Kini setelah analisis rinci dari temuan ini, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa Enceladus, seperti Bumi, memiliki semua yang perlu dikembangkan oleh kehidupan.

Baca Juga:

Ilmuwan Temukan Bukti Kehidupan Alien Di Bulan Milik Saturnus

"Molekul organik kompleks tidak selalu menyediakan lingkungan layak huni, tetapi di sisi lain mereka adalah prekursor yang diperlukan untuk kehidupan," kata pemimpin penelitian Dr Frank Postberg. "Sebelumnya tidak diketahui apakah kimia organik kompleks terjadi pada Enceladus, dan sekarang kita mengetahuinya."

Enceladus, seperti Europa bulan milik Jupiter, yang dianggap sebagai rumah bagi laut bawah tanah. Ventilasi hidrotermal di dasar laut ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk bentuk kehidupan alien primitif dapat berkembang.

"Hidrogen menyediakan sumber energi kimia yang mendukung mikroba yang hidup di lautan Bumi dekat lubang hidrotermal," kata rekan penulis studi, Dr Hunter Waite.

Ilmuwan Temukan Bukti Kehidupan Alien Di Bulan Milik Saturnus

"Begitu Anda telah mengidentifikasi sumber makanan potensial untuk mikroba, pertanyaan selanjutnya yang harus diajukan adalah 'apakah sifat organik kompleks di lautan?' Tulisan ini merupakan langkah pertama dalam pemahaman itu, kompleksitas dalam kimia organik di luar harapan kami."

Mungkin suatu saat di masa depan yang jauh, manusia akan dapat di terbangkan ke tempat-tempat seperti Enceladus ini sehingga dapat menelitinya secara lebih dekat.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar