Misteri Peningkatan Kembali Gas Perusak Lapisan Ozon


Minggu, 20 Mei 2018
Label: , ,
Advertisement
[Sains Box] Misteri Peningkatan Kembali Gas Perusak Lapisan Ozon

Seperti yang pernah dikabarkan sebelumnya, bahwa lapisan ozon belum lama ini mulai membaik, bahkan lubang yang sebelumnya berukuran besar mulai menutup. Namun, berita buruk kali ini sangat miris, para peneliti ozon berhasil mendeteksi adanya peningkatan kembali gas perusak lapisan ozon. Apa penyebabnya? Saat ini masih diteliti.

Kita tahu bahwa lapisan ozon sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup yang mengisi Bumi. Lapisan ozon melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet berbahaya yang berasal dari matahari.

Baca Juga:

Misteri Peningkatan Kembali Gas Perusak Lapisan Ozon

Untuk pertama kalinya para ilmuwan menyadari bahwa lapisan ozon tampaknya menipis di atas Antartika pada tahun 1980-an, tren ini mengkhawatirkan yang dipicu oleh kehadiran bahan kimia tertentu dalam semprotan rambut, lemari es, sistem pendingin udara dan produk-produk yang mengandung CFC (Chlorofluorocarbons) lainnya.

Penemuan bahwa bahan kimia ini bertanggung jawab dapat menipiskan lapisan ozon, maka dengan segera dilakukan penurunan yang signifikan baik dalam hal pembuatan dan penggunaan CFC di seluruh dunia dengan harapan bahwa ini akan dapat memperlambat atau bahkan membalikkan kerusakan yang telah mereka sebabkan.

Misteri Peningkatan Kembali Gas Perusak Lapisan Ozon
Penipisan ozon di Kutub Utara jauh lebih buruk daripada di Antartika
_________________________________________________________

Akan tetapi, lebih dari 30 tahun kemudian, para ilmuwan telah mendeteksi kembali kenaikan yang tidak dapat dijelaskan di tingkat atmosfer CFC-11, yang menunjukkan bahwa seseorang, di suatu tempat masih memproduksinya. Siapa mereka yang tidak bertanggung jawab ini?

Pembuatan kimia ilegal di Asia Timur telah dianggap bertanggung jawab sebagai pelaku utama.

"Temuan ini melakukan titik ke arah itu, cukup definitif," kata Dr Stephen Montzka. "Kami melakukan pengukuran dari tempat yang sangat jauh dari daerah-daerah ini dan saya pikir lebih banyak kekhususan akan datang setelah orang-orang ... di wilayah itu ... melihat dengan teliti pada pengukuran mereka dan mempublikasikan hasil mereka."

"Setiap produksi gas perusak lapisan ozon yang dikendalikan oleh Protokol Montreal harus dilaporkan ke sekretariat ozon, dan saat ini, produksi global pada dasarnya nol."

"Kami tahu tidak ada produksi bahkan untuk produk perantara atau sampingan."

Jadi siapakah pelakunya??? Jika hal ini tidak dapat dihentikan dengan segera, maka sudah tentu dampaknya selain pada planet kita adalah kita sendiri yang akan merasakannya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(bbc)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar