Medan Magnet Bumi Akan Berubah, Tanda Kiamatkah?


Rabu, 02 Mei 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Medan Magnet Bumi Akan Berubah, Tanda Kiamatkah?

Dalam beberapa tahun terakhir, menurut para ilmuwan peneliti medan magnet yang mengelilingi dan melindungi planet kita ini telah melemah secara bertahap. Pembalikan lengkap dari medan magnet Bumi diduga sebenarnya telah terjadi beberapa kali sebelumnya, dengan contoh terakhir yang diketahui terjadi di suatu tempat sekitar 780.000 tahun yang lalu. Dengan dampak yang masih belum diketahui secara pasti.

Namun, perubahan terbaru ini telah melahirkan sebuah pendapat bahwa kita akan memasuki pembalikan bidang lain relative dalam segera, tetapi saat ini sebuah penelitian yang terbaru telah menetapkan bahwa hal ini sebenarnya sangat tidak mungkin terjadi.

Baca Juga:

Medan Magnet Bumi Akan Berubah, Tanda Kiamatkah?

Ternyata, pola medan magnet saat ini cocok dengan yang ada pada 49.000 tahun yang lalu dan 46.000 tahun yang lalu ketika medan magnet hanya goyah, tetapi tidak benar-benar terbalik sepenuhnya.

Meskipun goyangan saja dapat memiliki beberapa konsekuensi (seperti badai matahari yang lebih intens), gangguan yang disebabkan akan jauh lebih sedikit daripada jika ada pembalikan medan magnet secara total.

"Ada spekulasi bahwa kita akan mengalami pembalikan kutub magnet atau ekskursi," kata ahli geomagnetisme, Profesor Richard Holme dari Universitas Liverpool.

Medan Magnet Bumi Akan Berubah, Tanda Kiamatkah?
Gambar atas: Sebuah model yang menunjukkan medan magnet Bumi selama dua kali ekskursi, ketika magnet utara dan selatan melemah secara signifikan. Di atas adalah perjalanan Laschamp sekitar 41.000 tahun yang lalu. Di bagian bawah adalah sekitar 34.000 tahun yang lalu.
____________________________________________________

Medan Magnet Bumi Akan Berubah, Tanda Kiamatkah?
Medan magnet Bumi selama ini menjadi pelindung dari radiasi badai Matahari
___________________________________________________

"Namun, dengan mempelajari dua peristiwa ekskursi terbaru, menunjukkan bahwa tidak ada kemiripan dengan perubahan saat ini di bidang geomagnetik dan oleh karena itu tidak mungkin bahwa peristiwa semacam itu akan terjadi."

"Penelitian kami menunjukkan bahwa medan magnet yang melemah saat ini akan pulih tanpa kejadian ekstrem semacam itu, dan karena itu tidaklah mungkin terjadi pembalikan kutub."

Semoga saja tidak terjadi apa-apa dengan planet kita ini. Setidaknya, medan magnet Bumi selama ini sudah berperan aktif dalam melindungi Bumi dari bahaya badai matahari.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar