Mutasi Gen Membantu Orang Bajau Tahan Lama Dalam Air


Sabtu, 21 April 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Mutasi Gen Telah Membantu Orang Bajau Tahan Lama Di Dalam Air

Dalam kasus langka seleksi alam pada manusia modern, orang-orang Bajau yang ahli menyelam bebas telah mengembangkan mutasi pada salah satu organ tubuhnya. Orang-orang Bajau yang berasal dari Malaysia dan Filipina ini, telah terkenal di dunia karena kemampuannya yang luar biasa untuk tetap berada di dalam air selama beberapa menit untuk menangkap ikan dan makhluk lain langsung dari dasar laut.

Pada beberapa hari, nelayan bisa tetap berada di dalam air untuk total kumulatif lebih dari lima jam lamanya. Lalu bagaimana mereka bisa melakukan hal itu?

Baca Juga:

Mutasi Gen Telah Membantu Orang Bajau Tahan Lama Di Dalam Air

Kini, para peneliti yang telah berusaha untuk mencari tahu apa yang memungkinkan bakat luar biasa ini telah menemukan bahwa adanya mutasi genetik tampaknya telah memberi orang Bajau organ limpa besar yang abnormal.

Adaptasi ini bermanfaat karena limpa diketahui melepaskan sel darah merah yang teroksigenasi, sehingga memungkinkan untuk tetap berada di dalam air lebih lama.

Penulis penelitian berharap penemuan ini dapat membantu pengembangan perawatan baru untuk penyakit pernapasan.

Mutasi Gen Telah Membantu Orang Bajau Tahan Lama Di Dalam Air

"Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa orang Bajau telah mengalami adaptasi unik yang terkait dengan ukuran limpa dan respons menyelam mereka, menambahkan contoh baru ke daftar adaptasi genetik luar biasa yang dialami manusia dalam sejarah evolusi baru-baru ini," tulis mereka.

Ini menandakan bahwa, mutasi dan evolusi memang bisa saja terjadi seiring dengan kebutuhan.

Lihat Aksi orang Bajau yang menyelam di video bawah:

VIDEO ORANG BAJAU MENYELAM

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar