Wim Hof si 'Manusia Es' Menjalani Pemindaian Otak


Sabtu, 03 Maret 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Wim Hof si 'Manusia Es' Menjalani Pemindaian Otak

Mungkin inilah manusia super yang sesungguhnya, pria usia 58 tahun ini memiliki ketahanan ekstrim terhadap suhu beku, dan ia telah memecahkan banyak rekor dunia.

Selama bertahun-tahun, pencapaian ketahanannya yang luar biasa mencakup diantaranya berlari maraton di salju dengan tidak mengenakan apa-apa selain sepasang celana pendek, juga ia pernah membenamkan tubuhnya hingga bagian leher di dalam es selama hampir dua jam.

Atlet Belanda bernama Wim Hof memang seseorang yang memiliki bakat unik dengan teknik pernapasan berdasarkan meditasi Tibet Tummo dan telah bekerja dengan para ilmuwan untuk membuktikan bahwa metode kerjanya itu berhasil.

Baca Juga:

Wim Hof si Manusia Es Menjalani Pemindaian Otak

Dalam sebuah studi baru-baru ini, para periset dari Wayne State University School of Medicine melakukan percobaan yang melibatkan Wim Hof mengenakan setelan khusus yang diinfus dengan air yang dikontrol suhunya.

Dia menjalani pemindaian resonansi magnetik fungsional (fMRI) dan pemindaian positron emission tomography (PET) untuk melihat apa yang terjadi pada tubuhnya saat terkena dingin yang ekstrem.

Wim Hof si Manusia Es Menjalani Pemindaian Otak

Wim Hof si Manusia Es Menjalani Pemindaian Otak

Tim menemukan bahwa teknik pernapasannya benar-benar mampu mengatur suhu kulitnya.

"Pengaturan suhu kulit yang disengaja, dan, secara implisit, suhu tubuh inti, bahkan saat tubuh sedang stres dengan dingin, adalah kejadian yang tidak biasa dan mungkin menjelaskan perlawanannya terhadap radang dingin," kata penulis studi, Profesor Otto Muzik.

Scan tersebut juga mengungkapkan beberapa aktivitas yang tidak biasa di batang otak atas Wim Hof.

"Daerah ini dikaitkan dengan mekanisme otak untuk mengendalikan rasa sakit sensorik dan diperkirakan menerapkan kontrol ini melalui pelepasan opioid dan cannabinoid," kata Prof Muzikof.

Wow, luar biasa, jadi inilah manusia super ‘Iceman’ yang sebenarnya di dunia nyata.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar