Misteri Kode Rahasia Berumur 500 Tahun Terpecahkan


Senin, 05 Februari 2018
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Misteri Kode Rahasia Berumur 500 Tahun Terpecahkan

Sebuah kode yang digunakan oleh seorang raja Spanyol untuk berkomunikasi dengan komandan militer utamanya akhirnya telah diuraikan. Kunci untuk memecahkan kode, yang telah digunakan untuk menulis beberapa surat rahasia yang berasal dari invasi Perancis kedua di Naples, tetap menjadi misteri selama berabad-abad.

Ditulis oleh raja Spanyol Ferdinand II dari Aragon ke komandan militer Gonzalo Fernandez de Cordoba, surat-surat tersebut telah di pajang di Museum Angkatan Darat di Toledo sejak tahun 2015.

Baca Juga:

Misteri Kode Rahasia Berumur 500 Tahun Terpecahkan

Namun sekarang, setelah usaha baru oleh Pusat Intelijen Nasional Spanyol (CNI), beberapa surat akhirnya telah diterjemahkan.

Mereka ditemukan mengandung instruksi militer, penempatan pasukan dan bahkan sebuah pesan yang menghukum komandan karena gagal berkonsultasi dengan raja sebelum meluncurkan inisiatif diplomatik.

Misteri Kode Rahasia Berumur 500 Tahun Terpecahkan

Seperti apa kodenya?

Sistem pengkodean misterius yang digunakan Ferdinand dari Aragon dan Gonzalo de Córdoba sangat kompleks. Itu dibangun dengan menggunakan 88 simbol yang berbeda dan 237 huruf gabungan. Untuk setiap huruf ada antara dua dan enam karakter kiasan seperti segitiga atau angka.

Untuk memperumit masalah lebih jauh lagi, simbol yang digunakan dalam huruf ditulis tanpa memisahkan kata dan ungkapan.

Butuh pakar intelijen dan waktu enam bulan untuk menguraikannya.

Sayangnya, saya tidak memiliki informasi tentang metode codebreaker layanan rahasia Spanyol yang digunakan untuk pemecahan sukses mereka. Mungkin, mereka memulai dengan menebak kata-kata, seperti yang ditunjukkan pada diagram berikut yang digambarkan dalam ABC:

Misteri Kode Rahasia Berumur 500 Tahun Terpecahkan

Hmmm, sepertinya memang terlalu rumit jika sekilas melihat tulisan tersebut tanpa panduan kuncinya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar