Belahan Amerika Utara Adalah Bagian Dari Australia


Kamis, 25 Januari 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Belahan Amerika Utara Adalah Bagian Dari Australia

Para ilmuwan telah mengidentifikasi wilayah Australia yang memisahkan diri dari Amerika Utara 1,7 miliar tahun yang lalu. Wilayah yang dimaksud, yang sekarang dikenal dengan nama Georgetown, adalah rumah bagi batuan sedimen batu pasir yang tidak ditemukan di tempat lain di Australia namun sangat mirip dengan batu karang yang ditemukan di Canada saat ini.

Periset dari Curtin University menyimpulkan bahwa seluruh area pasti telah memisahkan diri dari Amerika Utara sekitar 1,7 miliar tahun yang lalu sebelum bertabrakan dengan apa yang sekarang menjadi Australia Utara.

Baca Juga:

Belahan Amerika Utara Adalah Bagian Dari Australia

"Ini adalah bagian penting dari reorganisasi benua global ketika hampir semua benua di Bumi berkumpul untuk membentuk supercontinent yang disebut Nuna," kata mahasiswa doktoral, Adam Nordsvan.

Ketika Nuna pecah lagi 300 juta tahun kemudian, wilayah Georgetown tetap menempel di Australia saat daratan Amerika Utara melayang jauh.

Penemuan ini penting karena tidak hanya mengungkapkan lebih banyak tentang sejarah Australia namun juga memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai bentuk supercontinent Nuna dan bagaimana semua daratan dipasang bersama.

Belahan Amerika Utara Adalah Bagian Dari Australia

Belahan Amerika Utara Adalah Bagian Dari Australia

Bukti juga ditemukan untuk menunjukkan bahwa pegunungan Georgetown juga terbentuk sekitar saat itu.

"Sabuk gunung ini, berbeda dengan pegunungan Himalaya, tidak akan terlalu tinggi, menunjukkan proses perakitan kontinental akhir yang menyebabkan terbentuknya superkontinen Nuna bukanlah benturan keras seperti tabrakan terbaru India dengan Asia," kata co- penulis Zheng-Xiang Li.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar