Spesies Baru Gurita Pasifik Raksasa Ditemukan


Minggu, 31 Desember 2017
Label:
Advertisement
[Sains Box] Spesies Baru Gurita Pasifik Raksasa Ditemukan

Periset baru-baru ini telah menentukan bahwa gurita Pasifik raksasa bukanlah satu, tapi ada dua spesies yang berbeda secara genetik. Gurita raksasa yang bisa mencapai ukuran hingga 16 kaki dan beratnya mencapai 156 pon atau sekitar 70 kg, mudah untuk melihat bagaimana gurita Pasifik raksasa itu bisa mengilhami cerita monster raksasa multi tentakel.

Gagasan bahwa sebenarnya ada dua spesies gurita raksasa yang berbeda daripada yang pertama muncul pada tahun 2012 yaitu saat peneliti mengidentifikasi anggota keluarga Enteroctopus dengan DNA yang unik.

Baca Juga:

Spesies Baru Gurita Pasifik Raksasa Ditemukan

Temuan ini kemudian dikonfirmasi oleh peneliti Universitas Alaska Pasifik yaitu David Scheel dan Nate Hollenbeck yang mengumpulkan 21 ekor gurita dari perangkap udang di lepas pantai Alaska.

Mereka menemukan bahwa tujuh spesimen memiliki ciri unik, seperti misalnya memiliki mantel berumbai dan papilla tipis yang terletak di atas masing-masing mata mereka, hal ini yang membedakannya dengan spesies yang berbeda.

Spesies Baru Gurita Pasifik Raksasa Ditemukan

Spesies Baru Gurita Pasifik Raksasa Ditemukan

"Agaknya, orang-orang telah menangkapi gurita ini selama bertahun-tahun dan tidak ada yang memperhatikannya," kata David Scheel.

Spesies baru ini telah secara tentatif dijuluki sebagai 'Gurita Pasifik raksasa berjumbai'.

Mengenai ada berapa banyak persisnya spesies ini di luar sana namun tetap belum jelas dan masih membutuhkan banyak penelitian.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar