Misteri Bentuk Telur Unggas yang Beragam Terpecahkan


Minggu, 02 Juli 2017
Label: ,

[Sains Box] Periset akhirnya berhasil mengetahui mengapa beberapa telur burung ada yang berbentuk bulat sementara yang lainnya berbentuk lebih runcing. Bentuk telur induk ayam yang tradisional dan bundar tidak memerlukan perkenalan, namun saat Anda melihat telur spesies burung lainnya, dengan cepat menjadi jelas bahwa bentuknya tidak konsisten.

Mengapa persisnya hal ini terjadi adalah misteri yang telah membingungkan ilmuwan selama berabad-abad. Mereka mencari jawabannya hingga saat ini.

Baca Juga:


Akhirnya baru-baru ini, sekelompok peneliti internasional percaya bahwa mereka mungkin telah menemukan jawabannya dan ini semua berkaitan dengan kemampuan terbang seekor burung yang meletakkan telurnya.

"Berbeda dengan hipotesis klasik, kami menemukan bahwa penerbangan dapat mempengaruhi bentuk telur," kata pemimpin peneliti Dr Mary Stoddard. "Burung yang merupakan penerbang yang baik cenderung meletakkan telur asimetris atau elips."

Misteri Bentuk Telur Unggas yang Beragam Terpecahkan

"Sebagai tambahan, kami mengusulkan bahwa selaput telur yang membentang, bukan kulit keras, bertanggung jawab untuk menghasilkan keragaman bentuk telur yang kita lihat di alam."

Untuk memecahkan misteri telur ini, para ilmuwan mempelajari bentuk 49.175 telur dari 1.400 spesies, dua di antaranya telah punah.

Dari museum spesimen tersebut, mereka juga menghitung pengukuran efisiensi penerbangan standar yang disebut indeks sayap kanan (HWI / hand-wing index) untuk masing-masing spesies.

Para peneliti akhirnya menemukan bahwa bentuk telur tidak berhubungan dengan ukuran cengkeraman, faktor lingkungan atau karakteristik bersarang. Tapi, yang mengejutkan, ada korelasi dengan HWI. Dimana penerbang yang baik cenderung tidak menghasilkan telur yang bulat.

Itulah jawabannya.

VIDEO TELUR UNGGAS

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(aol)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar