NASA Luncurkan Teleskop X-ray Luar Angkasa Terbaru


Minggu, 08 Januari 2017
Label: ,

[Sains Box] Teleskop NASA terbaru yang bernama The Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE) mempunyai misi akan mengamati energi tinggi radiasi X-ray yang dihasilkan oleh benda-benda astronomi eksotis seperti lubang hitam, bintang neutron dan pulsar. Teleskop ini telah menghabiskan anggaran sebesar 188 juta dollar yang nantinya akan mulai diluncurkan untuk misi baru dalam waktu tiga tahun.

Teleskop ini dipilih dari antara tiga finalis di Program Astrofisika Explorers badan ruang angkasa yang telah mengundang konsep untuk misi ruang angkasa baru pada bulan September tahun 2014 yang lalu.

NASA Luncurkan Teleskop X-ray Luar Angkasa Terbaru

Baca Juga:

Pesawat ruang angkasa baru, yang akan dilengkapi dengan tiga teleskop dan kamera khusus yang dirancang untuk mengukur polarisasi sinar-X kosmis, akan membuka jendela baru pada alam semesta.

"Kita tidak bisa langsung mendapatkan gambar apa yang terjadi pada objek dekat seperti lubang hitam dan bintang neutron, tetapi mempelajari polarisasi sinar-X yang dipancarkan dari lingkungan sekitarnya akan mengungkapkan fisika dari benda-benda misterius," kata Paul Hertz dari Direktorat Misi Sains NASA.

"NASA memiliki sejarah besar meluncurkan observatorium dalam program Astrofisika Explorers dengan kemampuan pengamatan baru dan unik."

Semoga misi ini benar-benar akan dapat membuka jendela baru untuk menjelajahi alam semesta.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar