Cono de Arita, Gunung Kerucut yang Sempurna


Sabtu, 19 Juli 2014
Label:

[Sains Box] Terletak 70 kilometer dari desa Tolar Grande, Argentina, Amerika Selatan, terdapat sebuah gunung vulkanik yang bentuknya menyerupai kerucut yang sempurna. Menurut sejarah, gunung vulkanik ini terbentuk secara alami sejak awal abad ke-20. Meskipun gunung kecil ini termasuk ke dalam jenis gunung berapi, namun gunung ini tidak memiliki kekuatan serta tidak pernah melemparkan lava yang berkembang menjadi kawah. Mungkin karena hal inilah, bentuk puncaknya pun menjadi lancip seperti kerucut yang sempurna.

Daerah dekat perbatasan sebelah selatan Salar de Arizao ini merupakan flat garam terbesar keenam di dunia, dan juga terbesar kedua di Argentina. Tepat ditengah-tengah wilayah dataran garam inilah gunung kerucut kecil itu berdiri. Mungkin karena melihat bentuk puncaknya yang nyaris lancip dan runcing, maka tidak heran gunung ini diberi nama Cono de Arita. Kata Arita sendiri diambil dari bahasa Aymara yang memiliki arti "tajam".

Cono de Arita

Cono de Arita

Cono de Arita

Cono de Arita

Cono de Arita

Gunung Cono de Arita memiliki ketinggian 122 meter dari permukaan. Sementara disekitarnya merupakan dataran garam hitam yang muncul ke permukaan terbawa oleh magma kuno yang berasal dari bawah tanah. Konon katanya, tempat ini merupakan peninggalan arkeologis yang menjadi pusat seremonial bagi suku Inca.



sign


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar: