Kota Hilang Berusia 1.200 Tahun Ditemukan


Minggu, 18 Agustus 2013
Label:
Advertisement
[Sains Box] Jika kita menceritakan sebuah kisah dari sebuah kota kuno, berusia sekitar 1.200 tahun, yang telah dimakan oleh Laut Mediterania dan terkubur di bawah berton-ton lumpur, batu serta pasir - Anda akan dimaafkan bila berpikir itu adalah bagian dari pembukaan dongeng Disney.

Tapi ini adalah salah satu kisah yang bukan fantasi, bahkan Anda bisa mengatakan itu benar-benar adalah sesuatu yang nyata dari mimpi.

Awalnya disebut 'Heracleion' oleh orang Yunani, tetapi bernama 'Thonis' oleh orang Mesir kuno, keberadaan kota mitos ini dikonfirmasi menjadi kenyataan pada tahun 2000, Dr Frank Goddio (seorang arkeolog bawah air) membuat salah satu penemuan paling penting dari abad ke-21.


Bersama dengan timnya dari Institut Eropa untuk Arkeologi Bawah Air, dia menggali kota yang hilang, mengungkapkan harta karun berupa artefak dan reruntuhan beberapa 30 kaki di bawah Laut Mediterania di Aboukir Bay, Alexandria. Selama 13 tahun terakhir mereka telah bersusah payah menggali daerah itu, mengangkat potongan-potongan sejarah yang lama terlupakan dari dasar laut.




Karena lebih banyak fragmen dan elemen dibawa ke permukaan, timnya telah mampu membuat model virtual dari kota tersebut. Pandangan populer adalah bahwa Thonis / Heracleion ternyata adalah sebuah pelabuhan, karena lokasinya - bertindak sebagai “entry point” bagi pedagang dan perdagangan. Item yang telah ditemukan selama penggalian juga mendukung teori, koin emas, buku besar batu dan bahkan bobot semua menunjukkan kota yang ramai dengan energi, perdagangan dan transaksi. Selama periode 13 tahun, artefak penting yang telah dibawa ke permukaan termasuk patung 16 kaki yang mungkin telah diposisikan di candi utama kota, sementara 64 kapal karam pun telah ditemukan.



Tapi meskipun salah satu misteri besar telah diselesaikan, yang lain masih membayang-bayangi. Sampai hari ini, beberapa dapat memberitahu dengan benar-benar jelas mengapa kota itu sendiri bisa terjun ke kedalaman air Laut Mediterania. Apa yang menyebabkannya tenggelam? Apakah kota itu runtuh? Apakah bencana alam yang harus disalahkan? Tim Goddio ini telah menghabiskan banyak waktu bersama bukti-bukti yang ada, mencoba untuk menemukan jawaban.

Teori mereka? Batu berat yang digunakan dalam konstruksi bangunan di kota ini dengan mudah akan tenggelam ke bumi yang berasal dari tanah liat basah yang digunakan untuk menahan tempat itu - itu semua baik dan bagus, tetapi gempa bumi telah menghantam, struktur-struktur yang sama akan memiliki slide dan jatuh tanpa henti ke kedalaman berair.






1.200 tahun berlalu, kota ini pun telah bangkit kembali.

Bagi sobat Sains Box yang masih penasaran, yuk ngintip videonya di bawah ini:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

11 komentar:

  1. wow, luar biasa ya... sudah terkubur segitu lamanya tp msh keliatan bagus patungnya

    BalasHapus
  2. satu lagi catatan sejarah bertambah ya sob

    BalasHapus
  3. @Peluang Usaha Online: iya bener jg ya sob, kok bisa gak terkikis oleh air ya

    @Download Mp3: yups satu sejarah lg sob, sejarah yg amat penting utk digali informasinya

    BalasHapus
  4. knp ya patung2 jaman dulu kebanyakan menyimbolkan cewek mas?

    BalasHapus
  5. @Gardens Tips: itu berarti kaum hawa pd jaman dulu itu selalu dipuja2.. :)

    BalasHapus
  6. jadi penyebab kehancuran kota itu sendiri msh misteri ya sob?

    BalasHapus
  7. itu pasti kota orang2 yg menyembah berhala,,,
    jadi ditenggelamkan oleh ALLAH kota tsb,,,
    tapi bagus juga
    aq suka baca2 sejarah yg ajaib kayak i2

    BalasHapus
  8. @Sukma: iya sob, msh misteri

    @Dian wibi: kemungkinan sih begitu sob, tp sejarah seperti ini byk memberikan pelajarn sob utk kita

    BalasHapus
  9. mungkin saja itu jamannya para firaun ya sob?

    BalasHapus
  10. Penyebab hancurnya kota itu apa yaah mas?
    Thanks dan salam kenal :)

    BalasHapus