Ternyata, Jupiter Memiliki Bulan Terbanyak Hingga 79 Bulan


Kamis, 19 Juli 2018
Label:
Advertisement
[Sains Box] Ternyata, Jupiter Memiliki Bulan Terbanyak Hingga 79 Bulan

Penemuan terbaru para astronom peneliti mengklaim bahwa planet raksasa gas Jupiter ternyata memiliki total bulan sebanyak 79 bulan, ini lebih banyak daripada planet lain di tata surya kita. Bulan-bulan baru, yang meliputi 11 bulan 'normal' dan satu 'eksentrik' ditemukan memiliki orbit yang tidak biasa, ditemukan oleh para astronom yang telah berusaha untuk menemukan Planet Sembilan yang misterius.

"Jupiter kebetulan berada di langit dekat ladang pencarian di mana kami mencari objek Tata Surya yang sangat jauh, jadi kami secara kebetulan dapat mencari bulan baru di sekitar Jupiter sementara pada saat yang sama mencari planet di pinggiran sistem Matahari kita," kata pemimpin tim, Scott S. Sheppard dari Carnegie Institution for Science di Washington, DC.

Baca Juga:

Ternyata, Jupiter Memiliki Bulan Terbanyak Hingga 79 Bulan

Tidak seperti beberapa bulan paling terkenal di Jupiter seperti Europa dan Ganymede, penambahan bulan yang baru ini semuanya relatif kecil dengan diameter antara 1 dan 3 kilometer saja.

Bulan baru yang 'eksentrik', yang diberi nama Valetudo nama dewa Romawi, cucu leluhur Jupiter, memiliki orbit prograde aneh yang melintasi orbit retrograde bulan-bulan lainnya.

Ternyata, Jupiter Memiliki Bulan Terbanyak Hingga 79 Bulan

"Ini situasi yang tidak stabil," kata Sheppard.

"Tabrakan akan cepat terjadi, memecah dan menggiling benda-benda menjadi debu."

Mengerikan!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar