Ilmuwan Berhasil Menciptakan Kembali Virus Yang Punah


Rabu, 12 Juli 2017
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan di University of Alberta telah berhasil menciptakan kerabat dari virus cacar yang mematikan dan telah punah. Gagasan bahwa manusia bisa dilenyapkan oleh virus buatan manusia yang menular telah seringkali dieksplorasi di film-film, buku dan acara televisi selama bertahun-tahun, tapi seberapa masuk akalkah skenario seperti itu?

Baca Juga:

Sayangnya, penciptaan patogen yang berpotensi mematikan sebenarnya sangatlah mungkin terjadi, sebagaimana telah dibuktikan baru-baru ini di Kanada di mana tim peneliti berhasil membawa virus punah kembali dari kematian.

Ilmuwan Berhasil Menciptakan Kembali Virus Yang Punah

Salah satu kerabat dari virus cacar, yang dengan sendirinya pernah membunuh banyak orang selama berabad-abad sebelum akhirnya diberantas pada tahun 1980 ini, telah berhasil diciptakan kembali oleh para ilmuwan di laboratorium. Virus yang baru diciptakan itu untungnya tidak berbahaya, namun keberadaannya hanya menunjukkan bahwa hal itu benar-benar memungkinkan untuk menciptakan hal-hal semacam itu di laboratorium. Jadi apa yang seringkali di film bukan hanya skenario belaka, namun dapat diwujudkan secara nyata.

Ilmuwan Berhasil Menciptakan Kembali Virus Yang Punah

Proyek yang dipimpin oleh Profesor David Evans ini telah menghabiskan biaya sekitar $ 100.000 dan melibatkan penggabungan potongan DNA bersama dalam urutan yang benar.

Namun, tidak semua orang yakin bahwa mempublikasikan penelitian semacam itu merupakan ide yang bagus. Bagaimana menurut pendapat Anda?

"Mendemonstrasikan hal ini dapat dilakukan - dan kemudian menulis artikel surat kabar tentang hal itu dan artikel majalah Science - akan mendapatkan perhatian orang-orang yang mungkin ingin menggunakannya untuk alasan yang salah dan mereka mungkin tidak pernah tahu tentang itu," kata Professor Marc Lipsitch dari Harvard University.

Informasi semacam ini, jika digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tentu saja itu yang perlu dikhawatirkan.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar