Kecolongan, Baru Saja Asteroid Meleset Lintasi Bumi


Kamis, 01 September 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sebuah asteroid yang ditemukan minggu lalu nyaris menabrak planet kita. NASA telah lama mencari dan mendata asteroid pembunuh, tapi bahkan dengan astronom di seluruh dunia yang bekerja untuk mendeteksi dan memetakan lintasan dari batuan ruang angkasa yang berpotensi berbahaya ini, ternyata hal ini merupakan tugas yang mustahil. Kita bahkan seringkali 'kecolongan', mengetahui keberadaan mereka manakala jarak sudah begitu dekat.

Realita ini menjadi semakin jelas pada akhir pekan kemarin ketika sebuah asteroid yang disebut 2016 QA2 melintasi Bumi dengan jarak hanya seperempat dari jarak Bumi ke bulan, dan melintas hanya hitungan jam setelah pertama kali terdeteksi. Bagaimana cara kita mempersiapkan diri jika hal ini seringkali terjadi?

Kecolongan, Baru Saja Asteroid Meleset Lintasi Bumi

Baca Juga:

Orbitnya yang sangat tidak biasa membuatnya sangat sulit untuk ditemukan, apalagi jika ukurannya yang relatif kecil.

Kita bersyukur, sementara dalam hal ini kerusakan yang disebabkan akan minim bahkan jika objek tersebut berhasil menabrak planet kita, namun kedatangannya yang tak terduga merupakan hal yang perlu mendapat perhatian betapa rentan planet kita ini terhadap ancaman asteroid. Meskipun upaya yang terbaik sudah kita lakukan, kita tetap saja masih kecolongan.

NASA saat ini memiliki misi untuk dapat mendeteksi hingga 90 persen dari semua asteroid dengan ukuran 450 kaki atau lebih besar dari itu sampai tahun 2020, tetapi kurangnya teleskop dan tenaga kerja menjadi salah satu kendala untuk mencapai target itu semua.

Untungnya, asteroid yang melintas baru saja memiliki ukuran yang sangat kecil. Sehingga, bersyukur Bumi masih aman. Tapi ini menjadi pelajaran untuk kita semua. Bahwa bencana bisa datang kapan saja diluar kemampuan manusia untuk menangkalnya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar